engine mounting (4)

Motor matic punya bracket engine mounting yang berfungsi sebagai perantara antara mesin dengan motor, juga sebagai peredam getaran dari mesin agar getaran yang diterima oleh rangka berkurang dan nyaman saat dikendarai karena barcket engine mounting kerjanya hampir sama dengan lengan ayun/ arm yang lentur naik turun mengikuti kondisi jalanan yang dilewati.

Di bracket engine mounting ini terdapat bearing serta karet engine mounting. Biasanya jika motor terasa goyang saat jalan apalagi goyangnya dominan di bagian belakang bisa jadi engine mountingnya sudah goyang, dari karet mounting sudah aus atau bearingnya yang sudah oblak seperti yang sudah saya bahas di “artikel sebelumnya “. Memang kerusakan di engine mounting bisa lama paling cepat sekitar 3 tahun baru ganti bahkan ada yang lebih sampai 5 tahunan tergantung dari kondisi pemakaian dan kondisi jalan yang dilewati.

engine mounting (1)

Meskipun umur engine muonting lama tapi tidak boleh luput dari perhatian, cek selalu kondisi engine mounting terutama motor matic yang sudah berumur 5 tahun lebih, justru bukan engine mountingnya tapi bracket engine mounting juga harus diperhatikan, seperti motor nouvo tahun 2003 ini, motor sudah berumur 10 tahun saat riding tiba2 terdengar suara ”krek” dan motor langsung geal geol… setelah di cek ternyata bracket engine mounting patah karena karatan dan termakan usia yang sudah tua.

engine mounting (3)

Selama kerja jadi mekanik baru kali ini kedapatan bracket engine mounting patah. Apalagi motor yang sudah tua2 seperti ini cari sparepartnya sudah agak susah. Semoga tidak luput dari perhatian kang bro semua biker motor matic.

engine mounting (2) engine mounting

 

Advertisements

21 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here