MIO GT 2013

Lagi lagi ada motor mogok,kang ari sangat sedih dan ikut prihatin jika melihat motor mogok meskipun hal ini menguntungkan buat para mekanik yang ketiban rezeki jika motor ini sudah tidak dalam masa garansi, lach…beda lagi kalau motor yang mogok masih baru dan masih garansi pabrikan yang ada tuch konsumen ngomel2 nggak karuan,padahal yang salah pengguna motor karena salah cara pemakaian atau dari pabrikan karena memang masalah produksi tapi yang diomelin para mekanik yang nota bene justru membantu permasalahan konsumen.Bahkan kang ari pernah ditabrak oleh biker ibu2 yang emosi,ditodong parang juga pernah tuch ma aparat,tapi aparat sekarang sudah berbeda dibanding dulu,sekarang sudah adem.

Kang ari sich cuma mau numpang lewat buat para biker jika mendapatkan masalah dimotornya lebih baik jangan langsung menuangkan emosinya ke mekanik tapi sharing dulu ke mekanik kenapa motornya bisa begitu dan tanyakan bagaimana solusinya.Jika kang bro langsung emosi ke mekanik ( kang ari juga ngrasain ) maka para mekanik saat ngerjain tuch motor pasti ngerjainnya setengah hati dan malah nggak beres tuch motor ( xixixixixixi…ancaman mekanik).Nich contohnya…

Pagi2 bengkel baru buka sudah ada bapak2 ngomel2 nggak karuan karena motor mio gt yang baru dibeli 2bulan sudah mogok,kang ari coba meredam kemarahan tuch konsumen nggak berhasil karena tuch konsumen malah tambah marah.Setelah konsumen capek ngomong dan mungkin karena jadi perhatian sama konsumen yang lain akhirnya diem juga,tanpa basa-basi saya langsung cek kondisi motornya sambil ngoceh2 tapi dalam hati doang nggak brani ngluarin kata2 takut konsumennya tambah emosi alias “menggerutu”.ย Lantas Mio GT lagi lagi mogok ada apa ini ? karena kemarin juga ada soul gt mogok nich disini ” Tikus Salah Satu Faktor Penyebab Motor Mogok, Kok Bisa ?. “Lanjut motor saya cek ternyata dibusi tidak keluar api,pada saat saya lepas busi ada bau tidak sedap ( bau amis dan pesing) keluar dari motor,kemudian body motor saya trondolin.

Setelah cover body terlepas semua,WELEH-WELEH-WELEH… kabel body habis digigitin tikus,parah banget karena semua kabel dibawah tangki motor habis dimakan sebiang kerok.Dan yang bikin ngakak saya lihat dibawah tangki(diatas spakbor belakang) ada banyak tulang ikan,tulang ayam bahkan………ada sayur kikil.Ini tikus kreatif banget ya…nyimpen tulang belulang dan sayur didalam motor,tikusnya ganas seperti yang punya motor.

Kang ari kemmudian panggil yang punya motor dan setelah tahu penyebab kerusakan dimotornya karena kabel2 digigitin tikus,konsumen langsung minta maaf.Yang pertanyaan saya…apakah dengan cuma minta maaf bisa membuat hati mekanik jadi normal lagi ,dalam hati kecil mekanik pasti masih ada rasa kecewa kenapa kebanyakan konsumen langsung menumpahkan kekesalannya kepada mekanik tanpa mengetahui terlebih dulu permasalan dimotornya. Semoga yang baca curahan hati kang ari ini bisa sedikit terbuka akan permasalahan yang dihadapin para mekanik,amiin.Meskipun kita para mekanik juga tidak menampik bahwa terkadang mekanik juga melakukan kesalahan,tetapi alangkah lebih baik jika dibicarakan dengan baik baru dicari letak kesalahan/kerusakan karena salah siapa jangan langsung main emosi.

Nich kang ari kasih gambar keganasan binatang yang namanya “tikus”.

Pantesan mogok…kabel fuel pump ,spul dan kabel injektor dilumat habis…

kabel tikus (1)

Bahkan karet pembungkus starter relay (bendik) juga diembaat tuch…pantesan yang punya motor emosi nggak ketulungan,mekanik jadi korban.

kabel tikus (2)

Kabel body kayaknya enak banget dech….hmhmhmhm… nyammiiiiii……

kabel tikus (3)

Nich…gokil ada sayur kikil masih gres

kabel tikus (4) kabel tikus (5)

Tulang ikan juga tidak mau ketinggalan… tikus tipe korupsi nich.

kabel tikus (6)

Tulang ayam berceceran dikolong spakbor belakang,kabel lampu belakang ikut jadi korban.

kabel tikus (7)

Advertisements

64 KOMENTAR

  1. klo saya jadi mekaniknya ‘ lsg saya gantian ngomel ” buapak klo punya peliharaan dididik, dikasih makan yang bener, tuh lihat kelakuan piaraan buapak…puas?!!puas?!!!”

    ha..ha..ha…sebodo amat dipecat-pecat dah gara2 ngomelin pelanggan yg penting hati puas….

    ha..ha..ha..

  2. yang sabar ya bro, namanya juga kerjaan… semua pasti ada resikonya
    namanya kerja di bagian frontliner ya pasti kena semprot, jadi inget pas kerja digaruda dulu….

  3. Hahaha… Punya adik saya malah lebih extreem!!! Motornya jupiter mx. Untungnya belum sempat mogok, cuman lampu2 aja yg mati. Setelah bersusah payah ngebongkar (bautnya banyak), ternyata ada kerangka tikus besar!! Jadi si tikus bisa masuk tapi gak bisa keluar lagi (saking ribetnya bodynya kali ya)…

  4. emang yg namanya orang tu banyak macamnya. lum tahu masalahnya udh marah-marah. jadi emang kita yg mesti lebih sabar , niscaya menjadi pahala tersendiri.

  5. baca kasusnya jadi eling waktu vespa jadi tempat beranak tikus. tapi untungnya kabel2 tidak digrogoti, tapi dari dalam body vespa bau bangkai. setelah dicari ternyata dari dalam dek bawah tangki, ada 5 ekor bangkai anak tikus. jadi judulnya “BERANAK DALAM VESPA”. hehehe

  6. motor saya Mio GT tahun 2013,,, sementara jalan, tiba2 mogok pada saat di belokan,,,, sesuai saran dari teman-teman biarkan selamaa 5-10 menit baru coba ulang….. setelah dibiarkan coba distarter tetap nda jadi, bahkan sampai besok hari tetap nda jadi…..
    – kenapa sampe bisa terjadi demikian….???
    – apa yang harus saya lakukan jika terjadi demikian, di tempat yang jauh dri bengkel….?
    mohon penjelasan bang ARI….. thx.

    • bisa kemungkinan ini terjadi lost kompresi, minta cek kondisi kompresi motornya.
      jika memang dari kompresi bisa coba service injeksi dulu dan minum carbon cleaner, jika tidak sembuh harus service besar

  7. bang, mau nanya ni, motor aku MIO GT gak mau hidup bang setelah di cek api dari spulnya ga ada brotrus sama ijeksi dari tangki nya juga ngga nyala, padahal akinya udah di ganti, mohon penjelasan nya ya bro

    • cek dulu bagian akinya, karena aki soak maka api nggak akan ada, klo cek api dari spul langsung dijumper nggak bisa jagi patokan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here