salahkaprahaplikasibusiFN-Arseen

Busi termasuk komponen vital pada sistem pengapian. Part ini jadi ujung tombak menciptakan pembakaran di ruang bakar.Bener to kang bro…Tapi, masih banyak yang cuma tau sebatas itu. Sehingga ketika busi motor kesayangan mengalami masalah atau sudah waktunya diganti, si pemilik motor main ganti dengan sembarang busi atau pakai milik motor lain. Anggapan mereka, yang penting bentuk deratnya sama (lebih baik nanya daripada tersesat dihutan).

Padahal komponen ini dirancang punya spesifikasi tertentu yang belum tentu cocok dipakai di motor yang bukan peruntukkannya. Seperti contohnya busi vixion,busi  Jupiter MX 135 yang memang model deratnya mirip sama punya V-Ixion. Di awal-awal pemakaian Vixion tak memperlihatkan gejala yang aneh. Namun beberapa hari kemudian, lari motor mulai muncul gejala ndut-ndutan.Terutama saat gas dipelintir mendadak atau waktu di putaran atas, Tapi begitu busi diganti yang benar-benar buat V-Ixion; pakai NGK CR8E (bisa juga pakai Denso U24ESR-N), masalah itu langsung hilang sampai sekarang. Kok bisa gitu ya?

Soal lari ndut-ndutan itu kemungkinan besar dari sistem pengapian. Yaitu dari kesalahan pemakaian busi, sehingga menyebabkan terganggunya sistem injeksi pada motor ini. V-Ixion tidak bisa pakai sembarang busi. Harus yang menganut resistan (biasanya ada huruf R pada kode busi).Untuk motor yang banyak sensornya, harus pakai busi beresistor. Sebab saat terjadi loncatan api, busi yang tak menganut resistor tingkat radiasi atau gelombang elektromagnetiknya tinggi. Sehingga akan menggangu kinerja sensor-sensor yang ada.

salahkaprahaplikasibusi03-Arseen

Perumpamaannya kayak petir deh. Pasti Anda pernah dengar atau bahkan mengalaminya sendiri. Waktu petir nyambar dekat rumah, tau-tau ada perangkat elektronik kayak TV, radio, telepon dan lainnya yang tiba-tiba korslet atau mati mendadak. Nah, itu karena terkena radiasi dari sambaran petir tadi.

Tentu imbasnya akan mempengaruhi kinerja dapur pacu juga. Lo, tapi kan busi Jupiter MX (NGK CPR8EA-9/Denso U24EPR-9) menganut resistor juga? “Benar. Tapi tingkat resistansinya sudah pasti dirancang beda dari kebutuhan V-Ixion. Alhasil otomatis kemampuan meredam radiasi yang terpancar pun akan beda pula,Kodenya aja sudah beda.

Sudah paham belum…..jadi jangan asal ganti busi ya,

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Nanya kang Ari kalo busi diganti yang resistor lebih tinggi,apakah mempengaruhi juga?
    skalian juga mio sporty 2010 saya bila melepas gas tiba2 ada letupan keras pada knalpot,busi std and masih baru.

    makasih kang

    • terjadinya letupan pada motor matic bisa disebabkan oleh beberapa hal mas adibo:
      1.penyetelan pilot kurang pas(terlalau over,hal ini jika spuyer masih standard semua) sehinga campuran terlalu kaya ini biasanya menimbulkan letupan di knalpot.hanya saja letupannya tidak seringterjadi(terkadang saja,terutama saat habis kecepatan tinggi kemudian tutup gas)
      2.bisa juga dari sistem ramah lingkungannya menumpuk kotoran sehinggaa kurang rapat menutup saat deceleration)
      3.sistem rama lingkungan rusak/minta ganti.klo kerusakan yang ini setiap gas diturunkan akan terjadi letusan di knalpot.car perbaikannya di bongkar klo g bisa di betulkan karena membran hisapnya rusak ya harus ganti atau bisa juga sistem AIS ini di non fungsikan
      4.cek juga tahan cop busi

      semoga aja saran dan analisa saya ini benar.

  2. Kang, Jupiter Z1 kalo mau pake busi platinum, cocoknya NGK yang versi (spek) apa ? Biar ntar ane ga salah kode kalo pas beli. Thx B4 😀

  3. Kang mau nanya nih. . . , kalo yamalube carbon cleaner dipake di motor injeksi selain yamaha, apa gapapa? mksh

  4. kang,saya mau nanya.saya pakai busi autolite utk jupiter mx,kebetulan ngk/denso sedang kosong..mekanik nyaranin pake busi autolite 4303 saja..apa sama dengan busi standar nya kang,thx

  5. Bro itu bukan Karena Resistensinya gk cocok buat Vixion,,, Tahanannya sama kok 5K ohm.

    Yg membedakan antara kedua busi tersebut adalah desain Insukatornya, ada yg Projected dan Non-Projected, nah Projected ini diwakili Kode Huruf P pada Kode Busi.

    Busi untuk Vixion adalah Non-Projected, sedangkan untuk Jupiter MX adalah Projected.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here