images (2)

Fuel pump ? tentunya sudah tidak asing lagi buat kang bro,bisa dikatakan sebagai jantungnya motor.Jika jantung manusia berhenti maka akan meninggal sama dengan motor jika fuel pump mati maka motor mogok.Lalu kenapa fuel pump bisa macet ?

Fuel pump salah satu komponen penting di motor injeksi,karena fungsi fuel pump untuk memompa bahan bakar dengan tekanan tinggi  menuju selang dan diteruskan ke injektor untuk dikabutkan ke intake manifold sebelum menuju ke ruang bakar.Fuel pump terdapat komponen yang sangat peka terhadap kotoran yaitu pompa fuel pump,jika kotoran masuk maka fuel pump akan macet.Lalu apa saja yang menyebabkan fuel pump bisa macet ?

fuel pump images

1.Faktor bahan bakar.

Bahan bakar menjadi faktor utama atas kinerja fuel pump,jika bensin kotor maka akan cepat menimbulkan endapan didasar tangki jika endapan sudah menumpuk maka filter fuel pump akan cepat kotor dan kotoran bisa masuk ke pompa fuel pump yang berakibat pompa macet.Masih jadi dilema di indonesia karena kualitas bahan bakar yang belum terjamin kualitasnya terutama untuk premium.

bensin

2.Sumber tenaga ( aki ).

Faktor kedua yang menyebabkan fuel pump macet karena tegangan yang dibutuhkan untuk menggerakkan pompa tidak cukup atau aki soak,jika aki soak atau tegangan dari spul bermasalah maka fuel pump tidak akan bisa bergerak.

images (1)

3.Campuran bahan bakar ( oktan boster).

Untuk motor injeksi tidak dianjurkan untuk memakai campuran bahan bakar contohnya oktan boster,jika menggunakan campuran bahan bakar gunakan yang sesuai anjuran pabrikan atau produk pabrikan,karena sudah banyak kejadian yang memakai oktan boster fuel pump jadi macet.Bahan Oktan boster yang tidak bisa tercampur sempurna dengan bensin maka akan meninggalkan endapan seperti lumpur di dasar tangki,nach endapan ini yang bikin macet.

Untuk campuran bahan bakar dari pabrikan pada umumnya bukan penambah oktan tapi berfungsi mengurangi kerak atau karbon diruang bakar.

images (3)

4.Tangki bocor (air masuk tangki)

Tangki bocor maksudnya celah yang menyebabkan air bisa masuk kedalam tangki,biasanya lewat tutup tangki.Ini bisa dari faktor desain tangki (faktor pabrikan) bisa juga karena umur tangki yang sudah tua dan tutup tangki jadi longgar.Kalau air masuk ke tangki apalagi dalam jumlah buanyak,hanya pasrah…pasti fuel pump macet.

pertamax7-wordpress-com-019-medium1_thumb

5.Faktor pabrikan.

Nach yang satu ini yang namanya produksi manusia pasti ada kekurangannya,yang sempurna cuma TUHAN.Jika kesalahan ada pada faktor kualitas part yang kurang bagus biasanya akan bermasalah saat motor masih berumur 1 tahunan (motor baru).Jika memang fuel pump macet karena faktor pabrikan maka kita bisa claim ke pabrikan tersebut sesuai aturan yang berlaku tentunya,jangan asal main claim tanpa tahu penyebabnya apa bisa macet ?.Jika karena faktor kesalahan perawatan kita tanggung sendiri.

Sudah tahukan apa saja yang bisa menyebabkan fuel pump macet,yang mau nambahin monggo…

Besok tunggu artikel bagaimana cara merawat fuel pump biar awet dan aman.

 

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Pake Yamaha Carbon Cleaner bisa ngurangi kemungkinan fuel pump macet di motor injeksi yamaha kan kang ? Ato gimana ?

  2. dikasih tau sama temen yg tmpat kerjanya disamping pull taxi “burung biru” banyak kasus fuel pumpnya aus kang. nah tuh giman tuh kok aus. emang daleman FP itu apa sih? ky kipas pompa air gitu?

  3. Kalo tahu prinsip kerja fuelpump dan material bahan fuel pump, maka akan mudah mendeteksi penyebab kemacetan fuelpump tersebut.

  4. kang klo srvs injeksi apa bs skalian ngecek kndisi fuel pump.kl emg kotor/rusak kn bisa tau.oy kang,mgkn kmpone di dlm fuel pump yg rentan kotor mgkn filter bnsn kali..?tulisan di ats fuel pump soalnya.

  5. kalau fuel pump macet kyknya jarang terdengar Kang Ari.tapi yang paling sering adalah aki tekor.apalagi pada generasi matik Yamaha ini..semoga ada investigasi lebih lanjut dan pengembangan terhadap produknya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here