pizap.com13672468429101

 

Kang ari sudah nemuin caranya matiin lampu AHO di jupiter z1 yang aman kang bro,subtitusi saklar kiri shogun tepatnya saklar lampu jauh-deketnya.Banyak yang kang temuin pakai saklar biasa dan hasilnya memang rapi tapi paling cuma bertahan 2-3 minggu saklar sudah rusak karena kualitas yang jelek,pasti beda jika pakai saklar pabrikan yang sudah dijamin kualitasnya,lalu bagaimana caranya ?

P1050499
comot saklar kiri shogun harganya cuma 20ribu

P1050488

Siapkan saklar shogunnya,kabel 15cm 2pcs,lem aduk (dexton),solder dan tenol(timah solder).Kemudian lepas saklar kanan jupiter z1 lalu dicoak seukuran saklar shogun,hati2 kang biar rapi nglubanginnya pakai solder saja.

P1050486

 

Jika sudah dicoak sesuai ukuran saklar shogun kemudian tepian lubang dirapiin pakai cutter,jika sudah rapi kemudian pasang saklarnya.Di terminal kabel saklar shogun ada plastik putihnya,plastk putih tersebut di sobek/coak seperti gambar dibawah :

P1050492

 

Jika sudah terlihat terminal kabelnya,lanjut proses pemasangan kabel di saklar shogun.Di terminal shogun ada 3 terminal tembaga,kabel dipasang/disolder pada terminal yang tengah dan salah satu terminal yang yang di sisi pinggir,lihat gambar dibawah :

P1050496

 

Setelah sudah tersambung,aduk lem besi(dexton) secukupnya untuk menutupi kabel/terminal yang tadi disolder(lihat gambar dibawah.kenapa menutupi sambungan kabel harus pakai lem ? jika pakai solai/selotip tidak bisa menutupi sempurna karena tidak bisa dililit.

P1050497

 

Jika sudah kering lanjut bagian luar saklar terlihat ada celahnya.Tutupi celah tersebut pakai lem aduk juga,yang rapi kang bro nambal pakai lemnya agar terlihat tidak seperti dilem(rapi).Lihat gambar bawah :

P1050490P1050491

 

Lanjut jika lem sudah kering ( 5 menit lem sudah kering),Kabel dari saklar shogun disambungkan ke kabel hitam di headlight ( soket kabel hitam dilepas kemudian kedua kabel hitam tersebut disambungkan ke kedua kabel dari saklar shogun).Intinya mutusin arus lampu dari kabel massa agar tidak merusak rangkaian kabel motor agar garansi tidak gugur.Tapi pasang saklar ini untuk lampu senja dan lampu senja belakang masih tetap nyala.

P1050498

 

Silahkan dicoba…

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Pabrikan mentiadakan saklar on off untuk menekan harga. Dg alasan aturan pemerintah. Jd kalo konsumen mau pasang saklar on off ya beli, pasang & biaya sendiri.

    oia, pake saklar ampli, bisa awet, asal pake relay. Jd beban saklar ga terlalu berat.

    kang Ari aku mau nanya, apakah motor2 yg sekarang yg Aho, kalo pake saklar kalo lampu dimatiin, apakah bisa oper carger terhadap aki ga? Trmksh

  2. assalamualaikum, Kang Ari, saya hadir lagi nih :mrgreen:

    biasa, mau tanya 😀

    suatu hari saya pernah coba naik new jupiter MX. MX tsb punya fitur kalau seinnya dinyalakan, akan keluar bunyi tiit tiit tiit… wah, saya takjub sekali :mrgreen:

    menurut saya, fitur itu sangat membantu sekali. terutama buat saya, buat ngingetin kalau seinnya menyala. soalnya saya kadang lupa matiin sein kalau habis belok, hehe

    nah, kira2, bisa ngga kalau fitur itu disematkan ke motor yamaha lainnya?

    matur nuwun

  3. tanya sedikit kang ari….. saya udah pernah coba putus kabel masa lampu…. tp pada unit jupiter zx/ vega zr.al hasil, jika kondisi motor panas malah tidak mau dimatikan dari kontak alias motor hidup terust dan mesin motor baru mati ketika saklar lampu juga saya matikan.ga tau dari mana penyebabnya lampu masih normal/nyala semua….. apa dijup z1 aman / tidak kejadian seperti yg saya alami….
    kalo sekarang untuk unit Z1 saya sarankan pake saklar lampu utama punya suzuki smas lama/honda supra fit/refo lama.memang sedikit menonjol tp lebih nyaman dan lampu senja jg bisa dinyalakan/dimatikan terpisah dngn lampu utama.

  4. Kang Ari mau tanya ni..
    Kalau mau pasang saklar lampu utama Supra X Helm In dikasih punya Absolute Revo bisa gak ya?
    Soalnya saya buka batok punya Absolute Revo trs lepas saklarnya ternyata ada dudukannya sendiri..
    Memang dikasih saklar lampu Dim bisa tapi kurang rapi soalnya kalau dikasih saklar Absolute Revo kayaknya serasi gitu sama tombol kelaksonnya karena rumah swtichnya sama bentuknya.
    Tapi yang jadi masalah kayaknya harus ada dudukannya sendiri karena itu saklar bawahnya berlekuk2.
    Ya mungkin bisa dilem, tapi klo dilem sifatnya paten jadi klo suatu saat saklarnya rusak gantinya ribet.. >_<
    Ada solusi gak mas?

  5. mas saya punya mio gt, lampu depannya nyala. Terus saya bawa kebengkel , waktu dibengkel sama mekaniknya matiin lampunya kog caranya gak sama dgn punya kang Ari??? jadi bingung saya. Saya liat dia mutusin kabelnya dari regulatornya kang, apa gak berbahaya untuk motor saya?

    • waduh,bukannya kang ari ngejelekin itu mekanik,tapi kalo musin dari kabel regulator/kiprok sangat beresiko terhadap kelistrikan,karena di kiprok tegangannya besar dan mudah konslet jika sambungan kabelnya tidak baik.klo bisa jgn lewat kiprok.Sudah terlanjur dipotong juga ya…kabelnya,tapi lebih baik dipindah daripada dikemudian hari jadi masalah.

  6. Mas ari, numpang tanya nih. kalau bkin saklar jupiter z1, pakai jupiter z115 yang tahun 2010 bisa nggak ya? sekilas saya lihat bentuk switchnya hampir sama (akibat ngelihat jupiter z 2010 masih ada saklar headlampnya) mohoh pencerahan.

  7. Kang Ari ” kan katanya cuman lampu depan saja yang mati ,sementara lampu senja depan belakang tidak mati, memang tidak bisa semua ya kang ?

  8. mas,, z mw nanya ni,,,
    z pernah liat jupiter z1 pke saklar yamaha…
    mw nanya ni mas,, bisah ngk beli sklar mx atw mio lawas,, bru preteli sedikit,,,jd yg di ambil cuman saklar lampu sj??
    jd misalx ada 3 kabel,,,di smbung kmna smua ?? sklian matiin lampu senja sma belakang

  9. klo pake saklar suzuki yh 3 titik mas,,, jd lain untuk lampu utama lain jg untuk lampu senja,,,
    jd bish hanya lampu senja yg di kasih nyalah tp lampu utama tetap mati,,,
    klo bisah gimana cra smbungx

  10. mas ari,sy barusan nyoba cara diatas,tp ada yg aneh,saat lampu mati karena kabel masa diputus dari saklar tambahan,tapi begitu saklar lampu jauh dekat bawaan diposisikan pada posisi lampu dekat,eh indikator lampu jauh malah menyala,trus ada semacam perubahan suara mesin jadi lebih tinggi,gimana nih mas???bingung mode on 🙁

  11. maaaaaaf banget,mungkin saya bawel ya mas,nanya melulu…saklar yg dipake malah 16A mas,saya cenderung ingin memakai kabel negatif aja karena tinggal copot sambungan dengan bohlam lampu depan….tp ya itu tadi,udah nyoba dan sukses mati,eh lampu indikator jauh malah menyala….maaaf banget mas…..kalo dekat sih mau langsung aja ke mas ari,takut mas kalo make kabel positif,soalnya ni motor baru sebulan….

    • Coba ganti saklarnya, kalo ganti saklar masih ada kendala seperti itu, diputus lewat kabel setrum lampu saja di soket saklar kiri, lepas kabel warna kuning yg nyambung warna biru.

  12. setelah mencoba2,ada cara yg ampuh kang,lepas kabel positif sumber arus yg menuju saklar lampu jauh dekat (biru strip hitam) ,buatin soket tambahan(kabel dan solderan asli pabrik utuh)……beres.ane bikin dudukan saklar pemutus AHO di RAK/bagasi depan jadi ga perlu melubangi bodi,mau balik ke standar tinggal lepas soket buatan tanpa merusak kabel asli

  13. Kang aku udh pasang seperti contoh, tetapi pada saat posisi saklar off kenapa ya lampu panel jarak jauh yg di ampere nyala, bagaimana cara mengatasinya kang?

  14. Kang,mohon pencerahaan untuk pemasangan saklar lampu new honda blade gimana y?penginnya pke saklar absolute revo.Kabel yg di putus ke saklar,warna ap aj y?Suwun

  15. kalo aq pake relay mobil gan… cuman modal 25 rb..
    udah 7 bulan blas ga afa kendala… bahan :
    – relay BOSCH / HELLA ( yang kakinya 4 ) 20 rb
    – fuse 10 A 1rb
    – saklar power amplifier yg kotak kecil 3rb

    triknya srderhana :
    1. potong kabel yg dari kiprok ke saklar lampu hi/ lo
    2. sambung ke relay td :
    30 : yg dari kiprok
    87 : yg ke saklar hi/lo
    86 : kontak on
    85 : arus negatif ( – )
    3. nah arus negatif td yg aq saklar pake saklar power ampli…
    4. bikin dudukan saklarnya
    5. rapikan kabel2 nya…

    slamat mencoba smg membantu… 🙂 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here