ARIPITSTOP.COM – Tak sedikit yang mempertanyakan keputusan Quartararo yang sudah siap hengkang dari Yamaha justru kini memperpanjang kontrak multi tahun. Kontrak ini membuat Quartararo tetap bertahan di pabrikan yang berbasis di Iwata tersebut hingga setidaknya akhir musim 2026. Quartararo menilai bahwa tetap bersama bukan karena nilai kontrak yang tinggi.

Meski Quartararo tidak mengikuti jejak Marquez dan memilih untuk tetap percaya pada Yamaha, dia yakin keputusan pembalap Spanyol itu untuk berpisah dengan Honda benar-benar menguntungkannya.

Dia merasa kepindahan Marquez ke Gresini membuat Yamaha menjadi nyata. Hal itu menunjukkan bahwa para pembalap papan atas padaMotoGP bersedia menukar loyalitas mereka dengan mesin yang lebih kompetitif.

“Saya rasa kepergian Marquez dari Honda ke Ducati telah membangunkan banyak orang di Yamaha. Mereka telah merekrut banyak insinyur baru, dan banyak hal yang terjadi di Italia (markas tim) dan bukan di Jepang. Kecepatan pergantian suku cadang telah berubah total. Saya rasa ini sangat menarik bagi saya untuk terus bersama Yamaha,” kata Juara Dunia MotoGP 2021 itu kepada saluran televisi Prancis Canal+ dilansir dari Motosport.

Bukan masalah uang yang menjadi faktor utama tetap bertahan dengan Yamaha, Quartararo lebih melihat proyek besar yang saat ini sedang dilakukan oleh Yamaha.

“Ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Pilihan saya adalah bertahan di Yamaha, bukan karena pilihan saya sendiri, tapi karena proyek ini,”

“Kami sudah akan melihat beberapa peningkatan tahun ini. Saya pikir musim ini akan sangat sulit, sudah untuk memperjuangkan beberapa podium, tapi saya pikir pekerjaan yang kami lakukan sekarang akan sangat penting untuk dua tahun ke depan.”

“Tentu saja, janji adalah hal yang tidak saya inginkan, tetapi apa yang mereka berikan kepada saya, di atas segalanya, adalah bukti. Tahun ini, saya sudah mendapatkan beberapa,”

Quartararo akan menjadi pembalap dengan bayaran tertinggi di grid pada dua musim 2025-2026, dengan total gaji 25 juta euro (sekira Rp428,9 miliar). Oleh karena itu, faktor ekonomi juga berperan dalam keputusan tersebut.

“Kami tidak akan membodohi diri sendiri, saya pikir ya, sebagai pembalap saya punya nilai, dan Yamaha tahu betul itu. Bagi saya, ini adalah sebuah kehormatan bahwa sebuah merek seperti Yamaha berinvestasi pada saya,” ungkapnya.

“Saya telah bersama mereka selama beberapa tahun sekarang. Alasan utama, tentu saja, adalah proyek untuk beberapa tahun ke depan. Dari segi finansial, saya rasa itu hanya sebagian kecil dari apa yang menjadi pertimbangan dalam kontrak ini.

“Jujur saja, saya juga punya ego, saya punya kebanggaan. Kami memenangi gelar bersama Yamaha. Kami mencapai titik terendah dalam dua tahun terakhir. Saya juga memperhitungkan yang satu ini. Saya ingin kembali ke puncak dengan merek yang memberi saya kesempatan untuk mengubah karier saya, dengan merek yang mengubah hidup saya,” pungkas Quartararo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini