ARIPITSTOP.COM – Kemenangan Vinales di MotoGP Amerika 2024 mencatatkan beberapa rekor bagi dirinya maupun tim Aprilia Racing. Salah satu catatan rekor yang prestisius adalah Vinales menjadi pembalap MotoGP pertama yang mampu berhasil menang dengan 3 tim yang berbeda yaitu Suzuki, Yamaha dan Aprilia.

Maverick Vinales berhasil meraih kemenangan sempurna di seri ketiga MotoGP 2024 yang berlangsung di Circuit of The Americas, Texas, Amerika Serikat. Pembalap asal Spanyol ini berhasil meraih Pole Position, kemudian berhasil finish pertama saat Sprint Race dan berhasil meraih kemenangan di balapan utama.

Kemenangan di GP Amerika ini adalah kemenangan perdana bagi Vinales sejak bergabung dengan Aprilia pada tahun 2021 silam.

Dan juga ini untuk pertama kalinya Vinales mampu meraih kemenangan sempurna selama berkarir di MotoGP, dan juga kemenangan sempurna untuk pertama kalinya bagi tim Aprilia.

Belum habis disitu, Vinales juga menjadi pembalap MotoGP yang berhasil menang di 3 tim yang berbeda.

Vinales pertama kali naik ke kelas MotoGP pada tahun 2015 bersama Suzuki Ecstar. Di tahun perdananya, Vinales belum mampu meraih kemenangan maupun kemenangan, baru di musim 2016 dirinya berhasil memberikan kemenangan pertamanya bagi Suzuki di MotoGP Inggris.

Penampilan gemilangnya di Suzuki membuat Yamaha tertarik untuk menggaetnya dan pada 2017 akhirnya Vinales resmi pindah ke Yamaha. Tampil kesetanan di tim barunya, Vinales langsung meraih 3 kali kemanengan selama musim 2017 yang dia raih di GP Qatar, Argentina dan Prancis.

Juara dunia Moto3 tahun 2013 ini bergabung dengan Yamaha dari musim 2017 sampai 2021 dengan mengoleksi 8 kemenangan. Pada pertengahan musim 2021, Yamaha dan Vinales resmi berpisah dengan cara tidak baik, dan Vinales langsung digaet oleh Aprilia.

Sejak bergabung dengan Aprilia, di 2024 inilah dirinya baru bisa meraih kemenangan, meskipun sebelumnya pernah berhasil 3 kali podium di tahun 2022 dan 3 kali lagi di musim 2023.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini