ARIPITSTOP.COM – Berita mengejutkan datang dari Yamaha, pabrikan asal Iwata Jepang ini tidak akan lagi memproduksi dan mengembangkan R1 series, karena tidak lolos regulasi emisi EU5+. Keputusan ini menyusul pabrikan Suzuki yang juga telah resmi menyuntik mati produksi GSX-R1000R pada akhir 2022.

Awalnya hal ini merupakan rumor yang berkembang sebagai hubungan sebab-akibat dari keharusan setiap produk kendaraan sepeda motor berbahan bakar (ICE) untuk memenuhi kepatuhan terhadap update regulasi emisi EU5+.

Namun kepastian itu datang, dilansir dari Visordown yang telah mendapatkan pernyataan resmi dari Yamaha yang menyatakan jika R1 dan R1M akan dihentikan produksinya. “Yamaha Motor Group, telah mengambil keputusan untuk tidak mengembangkan R1 atau R1M versi EU5+, melainkan berfokus pada strategi bisnis dan produk jangka menengah lainnya yang akan memberikan peluang di masa depan.” keterangan resmi dari Yamaha.

Untuk model yang sudah ada, batas waktu penjualan motor yang tidak memenuhi standar Euro5+ adalah pada tahun 2025. Sementara itu, Euro6 diperkirakan baru akan hadir pada akhir dekade ini.

Meskipun beritanya mengejutkan, namun hal ini bukanlah sebuah kejutan besar untuk didengar, dan apa yang dapat kita lihat adalah para produsen beralih dari sepeda premium, bernilai tinggi namun bervolume rendah, dan berinvestasi di area pasar dengan volume yang lebih tinggi. Yap, hal ini akibat penjualan motor berkapasitas 1.000cc di pasar Eropa yang semakin lesu, sehingga para pabrikan motor terutama pabrikan Jepang tak mau mengembangkan lagi motor 1.000 cc, seperti yang sudah dilakukan oleh Suzuki untuk menyuntik mati produksi GSX-R1000R pada akhir 2022.

Jadi, setelah 25 tahun lahir di dunia, Yamaha R1 series akan dihentikan produksi di tahun 2025 nanti. Tetapi, apakah Yamaha akan melahirkan pengganti R1?, Ada elemen lain dalam hal ini, dan ini berkisar pada pergeseran segmen pasar sepeda motor sport. Masyarakat terutama di Eropa kini tidak lagi berbondong-bondong membeli motor sport satu liter, tetapi lebih memilih motor sport premium kelas menengah yang tentu lebih terjangkau. Konon kabarnya Yamaha sedang mempersiapkan Yamaha R9 yang telah lama ditunggu-tunggu untuk peluncuran besarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini