ARIPITSTOP.COM – Belum juga dimulai, balapan MotoGP 2024 sudah mendapatkan masalah cukup pelik, jadwal balapan yang rencananya diadakan 22 seri akhirnya harus berkurang menjadi 21 seri akibat dibatalkannya seri Argentina.

Argentina dengan Siruit Termas de Rio Hondo, dipastikan tidak akan menjadi tuan rumah seri untuk MotoGP tahun ini. Sedianya Argentina menjadi tuan rumah untuk seri ketiga yang berlangsung pada 5-7 April 2024. Sebelumnya seri Argentina juga absen pada tahun 2020 dan 2021.

FIM, IRTA dan Dorna Sports mengonfirmasi pembatalan GP Argentina 2024. Dikarenakan keadaan di Argentina saat ini, Promotor telah menyampaikan bahwa mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang akan berlangsung pada 2024 sesuai standar MotoGP™. Event balap GP Argentina tidak akan digantikan dalam kalender 2024.

Sebenarnya rumor terkait pembatalan ini sudah mencuat sejak beberapa waktu terakhir, menyusul dibatalkannya pula final World Superbike (WSBK) 2023 di San Juan Villicium. WSBK 2023 dibatalkan karena tingginya tingkat inflasi di Amerika Selatan yang mencapai lebih dari 200 persen pada tahun lalu.

Inflasi ini membuat Argentina sebagai salah satu negara besar di wilayah Amerika Selatan untuk melakukan kebijakan penghematan yang cukup ketat, termasuk mempertimbangkan penyelenggaraan kejuaraan dunia olahraga motor yang menelan biaya yang tidak sedikit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini