ARIPITSTOP.COM – Aprilia Trackhouse Racing akhirnya resmi memperkenalkan timnya untuk MotoGP 2024. Tim anyar pada MotoGP 2024 ini melakukan launching di Los Angeles, Amerika Serikat hari Sabtu (27/01/2024). Pada acara ini, Trackhouse Aprilia menghadirkan dua pembalap mereka untuk musim ini: Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Melihat livery motornya, sangat jelas terasa rasa Amerika di motor asal Italia.

Terlihat jelas warna livery motor tim satelit Aprilia ini, perpaduan warna merah, putih dan biru yang menampilkan bintang dan garis yang jadi simbol bendera Amerika Serikat.

Yang patut ditunggu dari kiprah Trackhouse Aprilia adalah fakta Miguel Oliveira bakal dibekali motor spek pabrikan atau sama seperti duet pembalap Aprilia: Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Trackhouse menggantikan CryptoDATA RNF team (2022-2023), yang merupakan proyek lanjutan dari Petronas Yamaha SRT (Sepang Racing Team) (2019-2021), yang mengambil posisi grid tim MotoGP Aspar (2010-2018).

Meski pendiri RNF Razlan Razali dan manajemen CryptoDATA tidak lagi menjadi bagian dari tim satelit Aprilia, mayoritas staff dan Team Manager Wilco Zeelenberg dipertahankan di dalam tim.

Trackhouse, yang juga memiliki tim yang cukup sukses di NASCAR, dimiliki oleh pengusaha sekaligus pembalap Marks, yang mengunjungi Grand Prix Austria tahun lalu untuk menjajaki kemungkinan entri di 2025.

Trackhouse diharapkan bisa meningkatkan popularitas olahraga Amerika, sekaligus memberi jalan untuk pembalap USA kembali berkarier di MotoGP.

Sebelumnya, pembalap Amerika mendominasi skena balap Grand Prix mulai dari Kenny Roberts pada akhir 1970-an sampai Kevin Schwantz tahun 1993. Tapi setelah itu, jumlah pembalap Amerika di kejuaraan semakin berkurang.

Sampai saat ini, juara terakhir dari Amerika adalah Nicky Hayden pada tahun 2006, dan pemenang terbaru dari USA adalah Ben Spies tahun 2011.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini