ARIPITSTOP.COM – akhir-akhir ini Polisi sedang rajin merazia knalpot bersuara bising atau lebih dikenal dengan knalpot Brong knalpot Racing. Razia knalpot brong ini dilakukan di berbagai kota di Indonesia.

Melansir dari Detik.com, Polres Tegal Kota menyita 524 buah knalpot tidak standar (brong). Barang bukti tersebut dimisnahkan dengan cara dipotong. Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono (tengah) didampingi Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas (kanan) memotong knalpot brong saat pemusnahan knalpot brong di Polres Tegal Kota, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024).

foto detik

Kemudian di kota lain, Polresta Surakarta-Polda Jateng-Sebanyak Delapan unit motor dengan knalpot brong, terjaring razia oleh Sat Lantas Polresta Surakarta Minggu pagi (07/01/2024). Razia yang gencar ini, untuk menjaga kodusivitas dan mewujudkan Solo zero knalpot brong. Razia di simpang Joglo ini, Sat Lantas Polresta Surakarta menyasar kendaraan yang tidak sesuai standar. Terutama kendaraan yang menggunakan knalpot brong.

“Razia ini menindaklanjuti perintah Kapolda Jateng, untuk menciptakan kota Solo bebas dari knalpot yang mengganggu pengguna jalan dan masyarakat,” ujar Kanit Turjawali Sat Lantas Iptu Dian mewakili Kasat Lantas, dilansir dari humas.polri.co.id.

foto detik

Satlantas Polresta Surakarta, terpaksa menahan kendaraan yang melanggar. Pemilik bisa mengambil kendaraannya, setelah menyelesaikan administrasi dan denda tilang. Tidak hanya itu, syarat lainnya pemilik wajib membawa dan mengganti knalpot standar.

Tak mau ketinggalan, Polres Metro Tangerang Kota menahan 24 motor karena penggunaan knalpot yang tidak standar dalam razia knalpot brong, Rabu, 10 Januari 2024. “Ada 24 sepeda motor yang terjaring razia hari ini,” ujar Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Tangerang, Komisaris Sugihartono, dilansir dari Tempo.co.

Sugihartono meminta agar masyarakat mengembalikan penggunaan knalpot yang standar. Alasannya, banyak keluhan dan penolakan yang diterima dari masyarakat umum. “Tentunya kebisingan yang dikeluarkan dari knalpot brong ini menggangu ketertiban dan kenyamanan lingkungan orang lain,” kata dia.

Menurut Sugihartono, puluhan pengendara sepeda motor yang terjaring razia knalpot brong tersebut diberi sanksi dan mendapat bukti pelanggaran atau tilang. Sedangkan kendaraannya dibawa ke Markas Polres Metro Tangerang Kota sampai pemiliknya datang kembali mengganti menggunakan knalpot standar.

1 KOMENTAR

  1. bagi yg bobok knalpot ori apkah pcx, vario 160, adv harga tu knalpot ori lmyn mahal dan pastinya susah banget karna sparepart yg sangat slow moving jd pasti inden, lbh baik ya ori atau ganti leher knalpotnya aja wl.kanibal silincer ori dgn motor lain sy yakin kena juga😁

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini