ARIPITSTOP.COM – Polytron baru saja merilis motor listrik versi murahnya dari Fox-R, dilabemi nama Fox-S motor listrik ini harganya sangat terjangkau karena setelah dapat subsidi dari Pemerintah harganya cuma Rp 9 jutaan saja.

Polytron kian serius menggarap pasar kendaraan listrik nasional dengan meluncurkan produk baru di awal tahun ini. Motor listrik yang baru dirilis adalah Polytron Fox-S. Motor listrik tipe terbaru ini bisa dibilang adalah versi hematnya dari Fox-R yang sudah dirilis duluan pada 2022 yang lalu.

Karena versi murahnya dari Fox-R, maka desain dari Fox-S tak jauh beda, ada beberapa detail bagian yang beda saja. Diantaranya seperti windshield Fox-S yang lebih ringkas dan terintegrasi dengan dudukan pelat nomor. Desain velgnya pun sedikit dibedakan.

Dari segi performa, Fox-S menawarkan jangkauan lebih pendek yakni 70 km untuk sekali jalan dengan kondisi baterai penuh. Sementara kecepatan puncaknya hanya 85 km/jam (kpj). Sedangkan Polytron Fox-R daya jelajahnya lebih jauh yakni bisa sampai 130 km dengan top speed 95 kpj.

Motor listrik yang diproduk lokal ini juga dilengkapi sistem smart key yang berfungsi sebagai langkah antisipasi terhadap tindakan pencurian. Polytron juga memberikan garansi selama 12 bulan untuk dinamo dan controller guna memberikan pelayanan optimal kepada pengguna.

Kemudain yang unik dari pabrikan Polytron adalah soal Baterai, untuk menekan harga motor listrik yang cukup tinggi, maka pabrikan ini menggunakan sistem sewa baterai, jadi ketika kita beli motor dari Polytron, itu tidak termasuk pembelian Baterai namun Baterainya kita harus membayar sewa setiap bulannya. Tapi Polytron juga menjual baterainya namun harganya sekitar Rp 9 jutaan.

Konsep sewa baterai pada Fox-S merupakan implementasi pemanfaatan energi dan material yang bertujuan mengurangi limbah baterai. Hal ini lantaran baterai rentan mengalami kerusakan dan degradasi maka resiko tersebut akan diambil alih oleh Polytron.

Khusus untuk tipe Fox-S ini, sewa baterainya sebesar Rp 125 ribu per bulan. Lalu bagaimana sistem sewa baterai ini bekerja? Jadi setiap pembelian motor listrik Polytron Fox-S, pelanggan harus melakukan registrasi di aplikasi resmi Polytron. Jadi semua pembayaran biaya sewa baterai motor listrik tersebut dilakukan di aplikasi Polytron EV dengan cara isi ulang (top up).

Baterai ini juga bisa dilacak keberadaannya oleh pihak Polytron. Jadi kalau ada konsumen yang membandel tidak membayar biaya sewa baterai, maka pihak Polytron bisa memutus koneksi baterai dengan pengguna motor listrik terkait. Selain itu, pihak Polytron juga berhak mencopot langsung baterai apabila penyewa tidak membayar biaya sewa sampai jatuh tempo.

Di samping itu, jika terjadi kerusakan atau penurunan kapasitas daya dibawah 85% pada baterai yang disewa oleh konsumen, maka akan diganti dengan baterai baru oleh pihak Polytron.

Fox-S tersedia dalam empat pilihan warna, meliputi graphite grey, midnight black, bumblebee yellow, dan crimson red. Soal harga, Fox-S dibanderol Rp 16 juta off the road. Namun setelah dipotong subsidi pemerintah sebesar Rp 7 juta, banderolnya menjadi Rp 9 juta.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini