ARIPITSTOP.COM – Valentino Rossi dan Casey Stoner menjadi pembalap yang pernah meraih gelar juara dunia MotoGP di dua tim yang berbeda di awal generasi motor modern MotoGP. Masih ada pembalap lain yang berhasil meraih prestasi tersebut, akankah Marc Marquez bisa mengejar mereka?.

Dalam sejarah balapan MotoGP, tercatat ada 5 pembalap yang berhasil meraih gelar juara dunia dengan dua tim yang berbeda. Rossi pernah juara dunia bersama Honda dan Yamaha, kemudian Stoner berhasil meraih satu gelar juara dunia bersama Ducati lalu satu gelar bersama Honda.

Lalu Marc Marquez apakah bisa menyusul prestasi Rossi tersebut?, tentu saja kansnya masih besar mengingat Marc akan memakai motor juara dunia meskipun bukan dengan motor spek terbaru. Skill Marc Marquez di trek yang menjadi harapan itu sangat besar.

Berikut daftar pembalap yang pernah juara dunia bersama dua tim berbeda:

1.Geoff Duke

Total gelar: 4
Norton: 1
Gilera: 3

Duke adalah pembalap pertama yang bisa menjadi juara dengan dua pabrikan berbeda. Ia berhasil menjadi juara dunia dengan Norton dan Gilera pada dekade 1950-an.

Pada 1950-1958, ia lima kali juara dunia. Dua gelar didapat bersama Norton (1951 dan 1952), sementara tiga direbut dengan Gilera (1953-1955).

2.Giacomo Agostini

Total gelar: 8
MV Agusta: 7
Yamaha: 1

Giacomo Agostini mengawali kariernya di GP500 pada 1965 bersama MV Agusta. Setahun kemudian, ia pun menjadi juara dunia. Ia bahkan mempertahankan status juaranya bersama MV Agusta selama enam tahun berikutnya.

Usai sekadar mengakhiri musim 1973 di peringkat ketiga, ‘Ago’ kemudian memutuskan pindah ke Yamaha pada 1974. Ia lalu menjadi juara dunia lagi pada 1975. Ia pun jadi juara Yamaha pertama dalam sejarah kelas para raja.

3.Eddie Lawson

Total gelar: 4
Yamaha: 3
Honda: 1

Pembalap MotoGP selanjutnya yang tidak kalah jago menjuarai di dua pabrikan yang berbeda yaitu sosok Eddie Lawson. Ia total meraih empat titel juara dunia.

Tiga gelar berhasil diraih bersama Yamaha. Sementara itu, satu gelar lain didapat dengan Honda.

4.Casey Stoner

Total gelar: 2
Ducati: 1
Honda: 1

Debut balapan di MotoGP bersama pada tahun 2006 (LCR Honda). Pada 2007, Casey Stoner memutuskan untuk pindah ke Ducati dan langsung menjadi juara dunia bersama Ducati GP7.

Empat tahun menjalani karir bersama tim pabrikan Ducati (Ducati Marlboro) hanya satu gelar juara dunia yang berhasil direngkung Casey Stoner hingga akhirnya memutuskan kembali ke Honda di 2011.

Menjadi menarik, Stoner justru berhasil kembali meraih gelar juara dunia MotoGP usai bergabung dengan tim pabrikan Honda (Repsol Honda) di tahun 2011 itu. Sayangnya, usai musim MotoGP 2012, dirinya pun memutuskan untuk pensiun dari hingar-bingar MotoGP lantaran penyakit mudah lelah yang dialaminya.

5.Valentino Rossi

Total gelar: 7
Honda: 3
Yamaha: 4

Valentino Rossi menjalani debutnya di GP500 pada 2000, usai menjuarai GP125 2007 dan GP250 1999 bersama Aprilia. Ia tak langsung membela tim pabrikan Honda, justru diletakkan di tim satelit bernama Nastro Azzurro Honda. Bersama-sama, mereka jadi juara pada 2001.

Saat MotoGP pertama kali digulirkan pada 2002, barulah Rossi dipindahkan ke Repsol Honda, dan ia langsung menjadi juara dunia pada musim itu juga, serta mempertahankannya pada 2003.

Namun, Rossi memilih pindah ke Yamaha pada 2004. Sempat diremehkan, ia malah langsung jadi juara dunia, begitu juga pada 2005, 2008, dan 2009. Rossi pun kini menjadi ikon terbesar Yamaha dalam sejarah.

sumber: bola.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini