ARIPITSTOP.COM – Ada kabar baru dari Pertamina yang akan menghapus BBM jenis Pertalite mulai tahun depan.  Dengan begitu, pada tahun depan Pertamina hanya menjual tiga produk yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo.

PT Pertamina akan terus melanjutkan Program Langit Biru. Pada program Langit Biru tahap pertama, BBM subsidi mengalami naik dari RON 88 menjadi RON 90. Itu artinya Pertalite akan dihapus.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa pada Program Langit Biru tahap dua ini, oktan untuk BBM subsidi akan dinaikkan dari RON 90 ke RON 92.

“Ini kami lanjutkan sesuai dengan rencana program Langit Biru tahap dua di mana BBM subsidi kami naikkan dari RON 90 ke RON 92,” katanya saat menghadiri rapat di ruang Komisi VII DPR RI dilansir dari detikFinance, Rabu (30/8/2023).

pic by Tirto.ID

Menurut Nicke, setelah sukses merilis pertamax green 95 awal bulan lalu, saat ini pihaknya tengah dalam proses untuk meluncurkan pertamax green 92 sebagai pengganti pertalite.

Pertamax green 92 adalah campuran antara RON 90 (pertalite) dengan 7 persen bioetanol (E7). Langkah ini sejalan dengan komitmen Pertamina mendukung pemerintah untuk menurunkan emisi dari bensin.

Pertamax Green 92 nantinya akan masuk dalam barang subsidi jenis BBM khusus penugasan (JBKP) menggantikan Pertalite. Sehingga harganya akan diatur oleh pemerintah, di luar fluktuasi harga minyak mentah dunia.

“Pertamax Green 92 harganya pun tentu ini adalah regulated. Tidak mungkin yang namanya JBKP harganya diserahkan ke pasar karena ada mekanisme subsidi atau kompensasi di dalamnya,” tegas Nicke.

Di sisi lain, Pertamina juga berencana untuk memasarkan produk Pertamax Green 95, campuran Pertamax (RON 92) dengan etanol 8 persen.

Dengan demikian, Pertamina di tahun depan bakal menjual tiga produk BBM, yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo (RON 98).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini