ARIPITSTOP.COM – Sebagai pengguna motor Honda PCX 150, sejak awal saya memang merasakan jok motornya itu keras buat saya pribadi. Alhasil, setiap perjalanan jauh lebih cepat merasakan panas atau tidak betah di jok, bokong suka digeser-geser. Nach untuk mengatasi keransya jok di Honda PCX 150, saya pilih memodifikasinya dengan menambahkan busa latex.

Busa Latex biasanya lebih sering dipakai pada kursi atau Sofa, namun sekarang sudah merambah ke otomotif terutama di motor untuk menambah kenyamanan saat riding.

Tak terbantahkan, para pabrikan Motor sekarang ini lebih mementingkan fitur volume bagasi yang lebih luas untuk menarik perhatian para konsumen. Salah satu efek dari penambahan volume bagasi adalah dengan memangkas ketebalan jok, terutama pada bagian busa. Berbeda dengan motor-motor jadul, yang lebih mengutamakan kenyamanan, makanya busa jok motor jaman dulu lebih nyaman diduduki ketimbang motor jaman sekarang.

Makanya untuk mengatasi jok yang keras tersebut saya memilih memodifikasi memakai Busa Latex yang terkenal lebih empuk dan lembut. Busa Latez terbuat dari getah karet murni makanya lebih empuk, namun pemakaian busa Latex ada kekurangannya.

Salah satunya adalah kalau kulit joknya udah bolong dan terus busanya kena air, maka busa Latez akan lebih cepat hancur, jadinya tidak elastis alias empuk lagi. Selain itu, karena punya kontur yang lembut, busa latex sulit dibentuk. Artinya tidak seperti busa biasa yang mudah dipapas atau dipotong kemudian dibentuk sesuai keinginan.

Jadi, busa Latex lebih dipakai sebagai pelapis saja bukan sebagai pengganti jok motor secara keseluruhan. Seperti yang saya lakukan ini, awalnya saya beli busa latex dengan ketebalan 2,5cm secara online dengan harga Rp 80.000, untuk lebih empuk lagi bisa memakai ketebalan 5cm, tapi joknya nanti akan berasa tambah tinggi.

Proses pemasangan tentu diserahkan ke tukang jok, karena kebetulan motornya kulit joknya sudah sobek sekalian ganti kulit jok yang baru.

Setelah pilih-pilih kulit jok yang sesuai, saya bilang ke tukang joknya kalau sekalian mau pasang busa Latex. Ternyata tukang joknya sudah terbiasa dengan pemasangan busa Latex ini. Karena diluar pekerjaan penggantian kulit jok, untuk penambahan busa Latex ini, ada penmabahan biaya pasang, OK, tidak jadi masalah kok.

Awalnya, busa bawaan motor dipapas tipis sekitar 1cm bagian atas, fungsinya untuk pelapis nanti bagian paling atas.

Setelah busa jok busa dipapas bagian depan dan belakang, kemudian proses pemasangan busa latexnya.

Busa Latex akan dipotong sesuai kebutuhan saja. Setelah selesai diukur, kemudian busa latex dipotong dan dirapikan sesuai lekukan bawaan jok motor.

Lanjut, busa Latex sudah terpasang, kemudian potongan busa jok yang pertama tadi tempelkan lagi, jadi terlihat ada 3 lapisan ya… busa Latex ada di tengah.

Lanjut, busanya dirapikan. Kelihatan busanya jadi tinggi ya, hehehe…

Nich, lihat 3 lapisan busanya.

Langkah terakhir tentunya pemasangan kulit jok yang baru. Berapa ongkosnya?, kalau hanya ganti kulit jok dengan yang bermerk, totalnya Rp 200.000 tapi karena ada proses penambahan busa Latex yang saya bawa sendiri, ada tambahn Rp 40.000 jadi totalnya Rp 240.000. Ingat ya… biaya ini tentu berbeda di tiap tukang jok dan tiap daerah.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini