ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan konsumen motornya Honda Beat FI yang mengeluhkan starter electriknya mati, sehingga motor bisa hidup dengan cara diengkol. Jangan buru-buru ganti aki terlebih dahulu kalau starter mati, tapi dicek dulu permasalahan utamanya.

Honda Beat FI generasi kedua sudah mengusung starter halus, sehingga sudah tidak ada Dinamo lagi, sister starter digerakkan oleh spull dan magnet. Dengan sistem starter ini namanya Alternating Current Generator (ACG), atau sering kita sebut ACG Starter. Sehingga sudah tak terdengar lagi suara bletak dor di Honda Beat.

Kalau ada masalah dengan ACG Starter ini, harus dicek dirunut pengecekannya dari atas sampai bawah.

  1. Pertama cek bagian tegangan aki minimal harus 12V kondisi kunci kontak ON.
  2. Kemudian dicek tombol starter, biasnaya akan terdengar suara cetek2 di bagian samping aki kalau tombol starter normal dan aki juga normal.
  3. Lalu cek bagian starter relay, kotak kecil disamping Aki.
  4. Kalau langkah diatas masih OK semua, cek bagian kabel-kabel dan soket yang berhubungan dengan sistem starter.
  5. Dan terakhir cek kondisi spull atau CKP.

Khusus untuk motor Beat FI yang datang ke Zona Speed yang berlokasi di Jalan raya hankam kota Bekasi ini, ternyata permasalahan ada di soket ECM yang gosong. Soket ECM memiliki peranan penting juga dalam menghidupkan starter electric, karena untuk menggerakkan Magnet, ECM akan mengirimkan setrum dari Aki menuju ke gulungan spull di magnet, ada kumparan kabel, ada magnet lalu dialiri listrik, maka timbullah gerakan berputar layaknya Dinamo yang untuk menghidupkan motor.

Nach… dalam aliran listrik dari Aki menuju Spull yang melewati ECM ini, ketika aliran listrik mengalir maka akan timbul panas di bagian soket ECM jika kondisi soket kendor. Kalau soket terkena panas maka semakin lama dalam jangka panajng akan terjadi meleleh atau terbakar. Karena soket ECM terbakar maka aliran listrik ke spull akhirnya terganggu dan menyebabkan starter elektrik mati.

Kalau sudah gosong, tentunya ganti soket yang baru, banyak kok yang sudah menjual soket ECM di toko sparepart, namun kebanyakan KW, karena kalau yang asli harus ganti satu set kabel body yang tentunya harganya tak murah.

Kalau yang di zona speed ini diganti memakai soket ECM yang dijual bebas di toko sparepart yang harganya Rp 110.000.

Setelah terpasang, motor akhirnya bisa normal lagi pakai elektrik starter.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini