ARIPITSTOP.COM – Enam teknisi terbaik dari bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) didaulat mewakili Indonesia untuk berkompetisi dalam Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023. Keikutsertaan skuad teknisi Honda berprestasi ini bagian dari upaya PT Astra Honda Motor (AHM) dalam menyiapkan teknisi handal bertaraf internasional dalam memberikan layanan purna jual terbaik di Tanah Air.

Ajang bergengsi ini diselenggarakan di Training Center Honda Thailand pada 22-24 Mei 2023. Kontes keterampilan bergengsi ini diikuti 36 teknisi Honda terbaik dari 10 negara di Asia.

Untuk memperebutkan gelar teknisi Honda terbaik se-Asia Oceania, setiap negara mengirimkan teknisi terbaiknya yang telah diseleksi dari puluhan ribuan teknisi Honda di setiap negara. Adi Yanto dan Masngudin asal Bandung, Adri Tya Mandela asal Jakarta, Agung Prasetyo asal Semarang, Ahmad Nur Samsurianto asal Surabaya serta Agus Darmawan asal Aceh, adalah teknisi asal Indonesia yang siap memperebutkan gelar terbaik di tiap kelasnya. Masngudin, Agung, Ahmad dan Agus di kelas sepeda motor reguler, sedangkan Adi dan Adri bersaing di kelas big bike.

Di kategori motor reguler, Agung (25th) adalah teknisi dari Astra Motor Jawa Tengah. Dia menggenggam jawara Kontes Teknisi Honda Nasional 2019. Ahmad (29th) adalah teknisi dari Mitra Pinasthika Mulia Surabaya dan menjadi juara kedua di kontes dan tahun yang sama. Sementara itu, Masngudin (29th) adalah Service Advisor dari Daya Adicipta Motora Jawa Barat yang mengantongi juara pertama pada Kontes Service Advisor Honda Nasional 2019 dan Agus (28th) dari Capella Dinamik Nusantara-Aceh sebagai juara kedua di kontes dan tahun yang sama.

Sementara itu, di kategori Big Bike, Adri (30th) yang sehari-hari menjadi teknisi big bike di Astra Motor-Astra Biz Center, Tangerang, Banten adalah pemenang kedua Kontes Teknisi Honda Nasional 2023. Sementara itu, Adi (31th)  dari Daya Adicipta Motora, Jawa Barat adalah juara pertamanya.

Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023 menguji para teknisi dengan materi uji yang lengkap, berupa uji teori dan praktek studi kasus sepeda motor Honda. Uji teori meliputi pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, dan teknologi terbaru sepeda motor Honda. Uji praktek meliputi perawatan, analisa teknis dan trouble shooting sepeda motor Honda.

Sebelum melangkah ke ajang bergengsi ini, keenam teknisi Honda tersebut harus melewati tahapan seleksi yang melibatkan sekitar 15 ribu teknisi dan service advisor terbaik se-Indonesia di Astra Motor Jawa Tengah, 19-20 Agustus 2019 dan di AHM Safety Riding and Training Center (AHM SRTC), Jawa Barat pada 2 Maret 2023. Setelah terpilih, mereka harus melewati tahapan pelatihan sebagai bekal menghadapi kontes teknisi Honda terbesar se-Asia-Oceania yang dilakukan di AHM SRTC Jawa Barat, MPM Learning Centre Jawa Timur dan DAM Learning Center Jawa Barat.

General Manager Technical Service Division AHM V.H Kunsala Krishna mengatakan kompetisi keterampilan teknisi tingkat Asia Ocenia ini diharapkan dapat semakin memotivasi para teknisi Honda di Indonesia untuk menunjukkan skill terbaiknya yang akan dipersembahkan untuk masyarakat di Tanah Air, sekaligus sebagai ajang pembuktian kemampuan teknisi Honda Indonesia di ajang Internasional.

“Kami mohon dukungannya untuk para teknisi Indonesia ini agar dapat menorehkan prestasi terbaik. Ilmu dan pengalaman yang mereka dapatkan pada gelaran kompetisi ini akan digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan terbaik bagi konsumen sepeda motor Honda di Indonesia,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here