ARIPITSTOP.COM – menjelang MotoGP Seri San Marino di Sirkuit Misano, 2-24 September 2022. Honda Racing Corporation (HRC) akhirnya resmi mengumumkan Joan Mir sebagai pembalap Repsol Honda mulai MotoGP 2023 untuk menemani Marc Marquez. Hal ini mereka sampaikan pada Selasa (30/8/2022).

Negosiasi Mir dan HRC pun sempat berjalan alot, dikabarkan akibat sulitnya menemukan kata sepakat soal nilai gaji. Selain itu, Mir juga berupaya membantu krunya di Suzuki untuk ikut pindah tim agar tetap memiliki pekerjaan musim depan. Meski begitu, akhirnya kesepakatan kedua belah pihak tercapai, walau tak diketahui seberapa banyak kru Suzuki yang akan ikut pindah ke Repsol Honda. Juga belum diketahui apakah Mir akan memboyong crew chief-nya, Frankie Carchedi.

Di Repsol Honda, Joan Mir menggantikan posisi Pol Espargaro yang telah resmi merapat ke KTM untuk memperkuat Tech3 GasGas. Ia mengikuti langkah rekan setimnya di Suzuki, Alex Rins, yang telah lebih dulu bergabung ke Honda untuk memperkuat LCR.

Dengan bergabungnya Mir ke Repsol Honda, ini berarti seluruh kursi tim pabrikan MotoGP telah terisi untuk 2023.

Berikut pernyataan resmi HRC:

“Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan digaetnya Joan Mir. Juara dunia MotoGP 2020 ini membuktikan dirinya sebagai talenta level juara dunia sejak musim penuh perdananya di Moto3 2016.

“Pada 2017, rider bernomor 36 ini menyabet mahkota juara kelas teringan di atas motor Honda, sebelum pindah ke kelas intermediate setahun setelahnya.

“Selain meraih dua gelar dunia, pembalap Spanyol ini telah meraih 12 kemenangan Grand Prix dan 33 podium. Pembalap 24 tahun ini akan berkompetisi di atas Honda RC213V bersama tim pabrikan dengan kontrak dua tahun di samping Marc Marquez.”

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini