ARIPITSTOP.COM – Harga eceran BBM jenis Pertamax dikabarkan akan naik jika menyesuaikan harga keekonomian harga minyak mentah di pasar dunia. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga keekonomian BBM RON 92 atau Pertamax saat ini sebesar Rp16.000 per liter.

PT Pertamina (Persero) yang menyediakan BBM tersebut buka suara. Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan stakeholder untuk kenaikan harga Pertamax.

Adapun hingga akhir Maret 2022 ini, harga minyak dunia masih berada di atas US$100 per barel, demikian halnya dengan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP). Perkembangan sementara ICP bulan Maret 2022 per tanggal 24 tercatat sebesar US$ 114,55 per barel.

Menurut Agung, konflik Ukraina dan Rusia masih menjadi faktor yang mendorong kenaikan harga. Pasokan minyak mentah dari Rusia dan Kazakhstan terganggu akibat kerusakan pipa Caspian Pipeline Consortium yang berdampak pada berkurangnya pasokan ke Uni Eropa.

Kementerian ESDM telah memperkirakan harga keekonomian BBM RON 92 atau setara Pertamax bisa naik hingga Rp 16.000 per liter mulai April 2022. Perkiraan ini lebih tinggi dari harga keekonomian bulan ini yang ditetapkan Rp 14.526 per liter.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan potensi kenaikan harga keekonomian BBM RON 92 hingga Rp 16.000/liter dikarenakan kondisi harga minyak mentah yang masih memanas, seiring dengan konflik Rusia-Ukraina.

“Dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp 16.000 per liter,” kata Agung dilansir dari detik.com.

Apakah harga BBM jenis Pertamax ini akan naik sesuai harga keekonomian? atau tetap seperti sekarang?. Semoga harga minyak dunia akan turun ya…

4 KOMENTAR

  1. kl benar naik demikian tinggi nya bakal ekonomi lumpuh , dr sektor makanan ,.ojek , angkot, logistik dll mau dijual brp , ongkos transport mau jd brp lg, dan bertahan plg hp dan kuata internet

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini