ARIPITSTOP.COM – Yamaha Jepang merilis Vino versi tahun 2022, motor matic desain klasik ini uniknya adalah hasil kolaborasi antara Yamaha dengan Honda. Motor ini dijual oleh Yamaha akan tetapi mesinnya memakai dari pihak Honda. Yap, akan kita lihat dimana tertempel emblem logo Garputala akan tetapi bertuliskan “Honda”.

Yamaha Vino 50cc ini merupakan bukti perjanjian diantara kedua pabrikan sejak tahun 2016 silam, Yamaha dan Honda membuat perjanjian kerjasama untuk membuat motor matic dengan tujuan untuk menekan biaya produksi. Jadi, Yamaha Vino ini dirakit oleh pabrikan Honda di Jepang, tak pelak di motor ini ada logo Yamaha namun juga bertuliskan nama Honda, lihat saja bagian tebeng depan ada logo Garputala namun bertuliskan Honda, cek bagian mesin ada tulisan eSP dan Honda, di bagian jok tertulis Yamaha.

Mesin Vino ini memakai teknologi eSP Honda dengan kapasitas mesin 50cc, berpendingin air radiator, yang mampu mengeluarkan power sebesar 3,3 Hp @8.000 rpm dan torsi 4,1 Nm @6.000 rpm. Motor ini juga dilengkapi dengan ACG Starter serta fitur Idling Stop.

Yamaha mengklaim motor ini sanggup berjalan 80 km untuk setiap 1 liter bensin yang dihabiskan, dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam dan pengendara dalam posisi tidak membawa penumpang.

Dari segi tampilan, Yamaha Vino mirip2 sama penampilan Yamaha Fino di Indonesia. Dimensi keseluruhan Yamaha Vino adalah 1.650mm x 670mm x 1.015mm, motor ini memiliki jarak sumbu roda 1.180mm, tinggi jok 720mm, dan ground clearance 105mm. Berkat ukurannya yang begitu kecil, bobot motor ini hanya 81kg, sangat nyaman dan cocok untuk orang Jepang, karena memang motor ini hanya dijua di Jepang. Tangki bahan bakar mobil relatif besar yaitu 4,5 liter.

Motor ini juga dilengkapi dengan power canger 12V 1A, memiliki kapasitas bagasi yang besar, hingga 20 liter. Bagian roda memakai ring 10 inchi, ban tubeles, ada parking brake lock khas motor Honda dan untuk rem depan belakang masih memakai tromol tipe CBS.ย  Hanya di motor Vino saja motor Yamaha memakai parking brake lock dan rem CBS khas Honda.

Dikutip dari situs resmi Yamaha Jepang, Vino 2022 ditawarkan dalam beberapa pilihan warna, mulai bonnie blue, matt armored green metallic, fighting red, graphite black, mahogany brown metallic, hingga virgin beige. Soal harga, Vino 2022 dibanderol 203.500 yen atau setara Rp 25,4 juta.

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. Di motor, sepertinya belum banyak manufacturer yg pake mesin buatan manufacturer lain, misalnya KTM yg bermesin Rotax.

    Tetapi kalo di industri, sudah umum suatu manufacturer pake mesin lain, misalnya:

    * Forklift TCM bermesin Isuzu
    * Air compressor Atlas Copco bermesin Detroit
    * Truk Freightliner bermesin Cummins
    * Crane Roto bermesin Caterpillar
    * Truk Kamaz bermesin Liebherr
    * dll

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here