ARIPITSTOP.COM- Selain sirkuit Mandalika yang sedang melakukan pengebutan proses pengaspalan ulang, di Jakarta juga sedang dilakukan proses pembangunan sirkuit yang akan digunakan balapan Formula E. Dalam pelaksanaan pembangunan sirkuit Formula E ini ditargetkan rampung dalam dua bulan atau di bulan April 2022, dan kini pembangunan yang dimulai pada awal Februari 2022 lalu sudah terlihat mulai proses pengaspalan.

Dilansir dari Jpnn.com, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, saat ini berjalan lancar. Meski pengerjaannya terkesan dikebut, Riza berharap sirkuit tersebut bakal sesuai standar yang ditetapkan oleh Formula E Operations (FEO). Pembangunan sirkuit Formula E memiliki masa pelaksanaan 54 hari, mulai dari 3 Februari sampai 28 Maret 2022.

“Prosesnya masih jalan, kita tunggu saja ya, tetapi sejauh ini menurut panitia Jakpro (PT Jakarta Propertindo) tidak ada masalah yang berarti,” kata Riza, Rabu (2/3).

Menurut pihak Jakpro, saat ini pembangunan Sirkuit Formula E sudah mencapai lebih dari 28%, progres pembangunan sudah selesai proses pemadatan tanah dengan metode pengerasan di beberapa titik yang memiliki struktur tanah lunak. Sebagian trek sirkuit Formula E Jakarta ini dibangun diatas tanah bekas rawa sehingga tanahnya lunak.

“Pengerjaan pondasi Formula E sudah sesuai dengan ketentuan. Secara teknis di lokasi pengerjaannya perlu ada penguatan menggunakan bambu. Jadi penggunaan cerucuk bambu itu sudah melalui perhitungan teknis di lapangan,” kata Riza Patria kepada wartawan di Jakarta Utara, Senin, 28 Februari 2022 dikutip Antara.

Menurut Riza, jangan beranggapan semua pondasi jalan harus dari beton supaya kuat. “Ada juga yang perlu menggunakan bambu supaya kuat,” katanya.

Apalagi di masa pandemi, kata Riza, panitia perlu memperhitungkan semua opsi pengeluaran yang lebih hemat serta paling efektif dan efisien, agar semua penyelenggaraan kegiatan itu bisa terlaksana sesuai rencana. Maka ketika diputuskan menggunakan cerucuk bambu, kata dia, panitia Formula E sudah memastikan bahwa penggunaan material itu tidak hanya murah tapi juga efektif dan efisien dibandingkan yang lainnya. “Insya Allah pada April sudah selesai. Kita tunggu saja,” kata Riza.

Jika melihat proses pembangunannya, melihat dari pantauan udara via channel youtube WPS Channel, proses pengaspalan sedang dilakukan di beberapa titik. Berikut beberapa foto terkini pembangunan sirkuit Formula E Jakarta.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here