ARIPITSTOP.COM – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda Vario 160 dengan perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain dan fitur yang semakin banyak. All New Honda Vario 160 dirilis dengan dua tipe yang berbeda yaitu tipe ABS dan CBS, berikut detail perbedaan antara Vario 160 ABS dengan Vario 160 CBS.

All New Honda Vario 160 Mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm @7000 rpm. All New Honda Vario 160 hadir dengan pengaplikasian teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) membuat skutik premium sporti ini semakin lincah dan mudah dikendarai. Model ini mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 46,9 km/liter. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system dengan metode pengetesan WMTC (World-wide Motorcycle Test Cycle) EURO 3.

All New Honda Vario 160 dipasarkan dengan 2 tipe yaitu CBS dan ABS. Untuk tipe CBS terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White. Tipe ABS memiliki velg dengan warna burnt titanium serta sentuhan emblem Vario yang semakin memberikan kesan lebih premium.

Pilihan warna All New Honda Vario 160 CBS

Pilihan warna All New Honda Vario 160 ABS

AHM memasarkan All New Honda Vario 160 dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 25.800.000,-untuk tipe CBS dan Rp 28.500.000,- untuk tipe ABS.

Berikut detail perbedaan antara Vario ABS dan CBS:

Pertama, kita lihat bagian depan atas dulu, bagian batok kepala ternyata bentunya beda. Tengok cover bagian depannya, untuk tipe CBS cover depannya memakai desain garis lurus sedangkan untuk tipe ABS cover batok depannya berbelok huruf Z.

Kedua, bedanya ada di cover speedometer, untuk tipe CBS tidak memakai cover tambahan sedangkan untuk tipe ABS ditambah cover berwarna hitam mengkilat.

Ketiga, Vario 160 tipe CBS dibekali dengan fitur parking brake lock karena masih memakai rem tromol sedangkan untuk tipe ABS tidak ada fitur ini.

Keempat, warna velg untuk tipe CBS berwarna hitam sedangkan untuk tipe ABS berwarna Titanium.

Kelima, desain dan ukuran piringan cakram. Untuk tipe CBS berukuran lebih kecil dan tidak ada sensor reel untuk ABS, sedangkan untuk tipe ABS ukuran piringan cakramnya lebih besar dan terdapat sensor reel untuk menghidupkan sensor ABS.

Keenam, untuk tipe CBS tidak ada speed sensor di roda depan, sedangkan untuk tipe ABS ada sensor ABS yang nempel di sok depan, sehingga desain dari sok depan juga berbeda.

Ketuju, giliran kaliper rem depan yang dibedakan. Untuk tipe CBS, kaliper depan berwarna hitam dan memakai vendor Tokico sedangkan untuk tipe ABS kalipernya memakai vendor Nissin dengan warna gold.

Delapan, untuk tipe CBS emblemnya memakai tipe stiker sedangkan untuk yang ABS bagian emblem sudah desain 3D.

Sembilan, perbedaan lain ada di abgian spakbor depan, yang tipe CBS spakbor depannya ada stiker “CBS” sedangkan untuk spakbor tipe ABS ada stiker “ABS”.

Sepuluh, tentu saja perbedaan utama adalah di bagian rem belakangnya, untuk Vario 160 CBS rem belakang masih tromol sedangkan untuk tipe ABS sudah rem cakram.

Untuk lebih detail lagi bisa dilihat di video berikut ini:

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini