iklan gma

ARIPITSTOP.COM – Yamaha kecolongan data internalnya bocor ke media, kali ini kebocoran soal produk baru yang akan diproduksi di tahun 2022 mendatang. Akan ada dua motor listrik yang akan dirilis jika merujuk pada data tersebut.

Motor berbahan bakar fosil akan mulai ditinggalkan, semua pabrikan kendaraan sedang mempersiapkan mulai berpindah menuju kendaraan bertenaga listrik. Belum lama ini BMW merilis motor listriknya, BMW CE-04 kemudian dari Amerika Harley Davidson punya Livewire. Honda juga sudah memperkenalkan motor listrik bahkan sudah dikenalkan juga di Indonesia yaitu PCX Elektrik, motor ini bahkan sudah wara-wiri di jalanan Indonesia meski baru dipakai secara terbatas saja, yaitu bukan dijual melainkan disewakan ke beberapa perusahaan seperti ojek online.

Yamaha juga pernah memperkenalkan motor listriknya di Indonesia, tahun 2017 silam Yamaha Indonesia memperkenalkan E-Vino, namun motor ini juga tidak dijual. E-Vino pertama kali dirilis di Jepang tahun 2014 silam, motor ini memakai baterai lithium-ion 50V. Klaim pabrikan, motor ini bisa dikendarai untuk jarak 30,1 km namun bisa jalan lebih lama lagi karena dilengkapi dengan batery cadangan. Untuk pengecasan penuh dibutuhkan waktu hingga 3 jam dan jika ada masalah dengan batery, ada tombol pada baterai untuk indikator daya baterai dan bisa berfungsi untuk mendiagnosa kemungkinan terjadinya masalah pada baterai. E-Vino secara konstan dapat berlari 30km/jam dan memliki topspeed 50km/jam.

Kini bocoran yang berasal dari Yamaha di Taiwan memperlihatkan jika Yamaha sudah memperispkan dua motor listriknya untuk menyambut tahun 2022. Yamaha Taiwan memang diplot menjadi salah satu pabrik pengembangan motor listrik untuk Yamaha, paling terbaru adalah diperkenalkannya Yamaha EC-05 yang merupakan hasil kolaborasi antara Yamaha dengan perusahaan lokal Taiwan Gogoro di tahun 2019. Motor ini sudah resmi dijual di Taiwan bahkan di tahun 2020 diberikan penambahan fitur rem ABS.

Melihat data yang bocor tersebut, ada dua motor listrik yang bentuknya tidak aneh. Dalam foto tersebut ada perjalanan perkembangan motor listrik di Yamaha terutama di Taiwan, tampak juga ada E-Vino yang sempat dikenalkan di Indonesia, kemudian lahir EC-05 di tahun 2019 kemudian ada EC-05 ABS di tahun 2020 dan tahun depan akan ada dua motor.

Melihat desain motor yang tertera, ternyata motor tersebut adalah Yamaha E01 dan Yamaha E02.

Yamaha E01 jika melihat data spesifikasi dari website resmi Yamaha, dikatakan motor ini akan bertenaga setara dengan motor matic 125cc. Motor ini diinfokan memakai tanaga DC brushless motor dengan berpendingin udara, melihat ukuran dimensinya 1,960mm×810mm×1,190mm cukup besar seperti ukuran Maxi Yamaha.

Tengok saja desainnya, motor ini memiliki tampilan muka yang cukup khas dengan Maxi Yamaha, mulai dari bodi, headlamp, hingga setang dan covernya. Kemudian joknya dibuat memanjang hingga menutupi bodi belakang. kesan sporty terlihat pada motor ini karena hilangnya bagian sepatbor yang digantikan mudguard.

Pijakan kaki bentuknya tidak beda jauh dengan NMax yang dipasarkan sekarang. Posisi duduk jadi lebih santai dan kaki bisa terjulur lurus ke depan ketika berkendara. Belum ada info resmi lanjutan dari Yamaha mengenai produk ini, kita tunggu saja kehadirannya.

Yamaha E02, yang terlihat imut yang pernah diperkenlakan di ajang TMS 2019 secara world premiere. Calon generasi terbaru skuter listrik perkotaan ini diklaim Yamaha Global memiliki output tenaga yang setara dengan skutik bermesin 50 cc. Desain eksterior dari skuter listrik konsep Yamaha E02 ini menonjolkan powertrain dan baterai yang mudah dilepas pasang. Sehingga memberikan kesan agresif dan memudahkan penggunanya dalam melakukan pergantian baterai.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here