ARIPITSTOP.COM – Akhir pekan yang menyenangkan bagi Joan Mir akhirnya kembali bisa naik podium, finis kedua di MotoGP Algarve Portimao, Portugal, Minggu (7/11/2021), Joan Mir pun meraih podiumnya yang keenam musim ini, sekaligus yang perdana sejak finis ketiga dalam Seri Aragon. Ternyata Joan Mir kembali memakai perangkat baru yang sudah dikembangkan sehingga membuat akslerasi motor menjadi bertambah.

Start ketiga, Joan Mir melorot ke posisi keempat di Tikungan 1. Namun, ia langsung menyalip Jorge Martin dan Jack Miller. Ia coba menekan Pecco Bagnaia, namun Pecco terlalu tangguh untuk dikejar. Alhasil, Mir harus legawa finis kedua dan belum meraih kemenangan lagi sejak Seri Eropa 2020.

Meski podium kedua, Mir tetap lega dan puas karena penampilannya sejak sesi latihan bebas sudah menampakkan hasil yang cepat. Jika biasanya motor Suzuki selalu kesulitan saat kualifikasi, kali ini di Portimao justru sebaliknya.

“Saya puas atas podium ini. Bukan karena hasilnya, tapi lebih ke soal jalannya pekan balap yang kami lalui. Sulit dipercaya. Saya nyaman sejak momen pertama, dan saya bisa tampil kompetitif sejak FP1. Setelahnya, saya sangat nyaman di atas motor dan pondasinya baik, semuanya jadi mudah,” ujar Mir.

“Pekan balap macam inilah yang saya butuhkan. Dengan cuaca normal, saya mampu menjalani banyak lap. Hari ini, Pecco lebih baik dan bisa berkendara dengan efektif, karena dengan ritme itu, saya melakukan lebih banyak kesalahan. Saya menunggu ia melakukan kesalahan, tapi tak pernah terjadi,” lanjutnya.

Joan Mir menyebutkan jika penampilan apiknya sepanjang akhir pekan ini akibat piranti baru kembali dipasang di motornya yaituĀ rear right height device model terbaru. Suzuki sempat menyediakan versi pertamanya pada pertengahan musim ini, namun menyediakan versi kedua di Algarve. Mir menyatakan perangkat tersebut memberikan perbedaan besar di akselerasi.

“Saya pakai perangkat itu. Saya rasa semua orang sudah pakai, dan ini memperbaiki akselerasi. Ini salah satu hal yang sudah kami tingkatkan demi tampil baik akhir pekan ini. Ini salah satu poin kunci, karena saya tahu, dengan perangkat ini saya dapat akselerasi yang lebih baik karenaĀ wheelie-nya berkurang,” tuturnya.

“Dengan perangkat ini, kami harus bisa lebih baik lagi. Itu sudah jelas, karena ini baru prototipe kedua. Tahun depan, kami harus melakukan sesuatu lebih baik,” tutupnya.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here