ARIPITSTOP.COM – Balapan MotoGP seri kedua di Doha menyisakan perseteruan antara Joan Mir dan Jack Miller, kedua pembalap ini sempat bersinggungan di lintasan. Joan Mir menganggap, Jack Miller sengaja bermanuver menabrakkan dirinya sebagai balasan atas insiden yang terjadi sebelumnya ketika Joan Mir menyenggol ban belakang Jack Miller.

Joan Mir mengatakan Miller seharusnya dijatuhi penalti. Sebab insiden itu dilakukannya secara sadar dan punya maksud khusus terhadapnya. Kejadian tersebut dimulai ketika Mir berusaha menyalip Miller untuk memperebutkan posisi kelima di tengah balapan.

Joan Mir mencoba menyalip Jac Miller dari posisi dalam, namun ban depan Joan Mir menempel ban belakang Jack Miller. Lalu seperti sebuah balasan, ketika Joan Mir melebar di tikungan 10, Jack Miller mencoba menghalangi Joan Mir yang melebar.

“Apa yang terjadi dengan Jack pada tikungan 10 adalah bahwa itu adalah satu-satunya tempat yang bisa saya ambil alih. Saya mengambil posisi yang tepat. Dia memutuskan untuk tetap di luar. Dia mempertahankan posisinya. Kami bersentuhan sedikit. Saya mengangkat motornya,” kata Mir mengutip Crash.net, Senin (5/4/2021).

“Saya mengerti itu adalah manuver yang berisiko, tetapi tidak melewati batas. Kemudian saya menggerakkan kaki untuk meminta maaf karena ketika hal seperti ini terjadi, saya ingin meminta maaf, saya suka menghindarinya,” kata Mir.

“Kemudian saya melebar di tikungan terakhir. Ketika saya melebar, saya melihat Jack. Dia menggerakkan kepalanya seperti dia melihat saya. Saya ke pinggir lintasan, di luar garis sebanyak yang saya bisa,” katanya.

“Kemudian dia datang menggunting saya dan kami berdua bersentuhan. Kami hampir menabrak di jalan lurus. Itu sangat berisiko, sangat berbahaya. Itu saja,” kata Mir.

Race Direction tidak memberikan sanksi kepada Miller yang artinya manuver tersebut sah. Tapi Mir menganggap hal itu bukan insiden balapan biasa.

Menurut saya memang disengaja. Tim saya akan menilai jika mereka harus mengajukan banding, yang pasti itu harus diselidiki. Manuver ini sudah melebihi batas,” katanya.

“Jika memang disengaja seperti yang saya katakan, dia pantas mendapat penalti. Jika tidak, tidak. Tapi saya pikir dia menggerakkan kepala (untuk melihat saya),” ungkap Mir.

Mir mengatakan posisi seperti itu bukan hanya dialami Miller. Buktinya saat Aleix Espargaro melebar Mir tidak datang untuk menyenggolnya, tapi justru memberikan jarak.

“Jika Anda punya waktu, bandingkan Aleix dan saya dengan Jack Miller dan saya sendiri. Aleix Espargaro melebar pada belokan terakhir. Dia melihat bahwa saya akan datang. Dia bergerak sedikit ke luar. Saya melihatnya juga. Saya tidak datang untuk memukulnya. Saya hanya menghormati rival,” katanya.

“Saya pikir Jack tidak menunjukkan rasa hormat dalam kasus ini. Itu adalah manuver yang sama tetapi dengan pengendara yang berbeda. Anda dapat menilai,” kata Mir.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here