ARIPITSTOP.COM – Jorge Martin, meski menjadi pembalap Rookie tahun ini namun dirinya membuktikan tidak bisa diremehkan. Pembalap Pramac Ducati ini menorehkan catatan waktu 1 menit 53,106 detik. Sementara itu start buruk harus diterima Rossi karena dirinya start dari posisi kedua dari belakang di MotoGP Doha 2021.

Juara dunia Moto3 2018 ini diikuti oleh sang tandem, Johann Zarco, di posisi kedua, dan pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, di posisi ketiga.

Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller, dan pembalap Monster Energy Yamaha lainnya, Fabio Quartararo.

Alex Rins dan Joan Mir kembali harus start dari barisan tengah yaitu posisi 8 dan 9. Sementara Morbidelli harus start dari posisi 10. Start buruk dialami Rossi karena terpuruk di posisi ke 21.

Dalam sesi kualifikasi kali ini, Rossi memiliki masalah di grip ban seperti pada saat balapan seri perdana.  “Hari ini sangat sulit, saya tidak pernah kuat. Kami mencoba meningkatkan feeling pada bagian belakang motor, tapi saya sangat menderita.” kata Rossi

“Saya memiliki grip yang kurang dalam akselerasi dan juga setelah beberapa lap. Saya sangat menderita dan kecepatan saya tidak bagus. Jadi, saat kualifikasi dengan ban baru, saya tidak pernah merasa cukup cepat.”

Hasil seri perdana di Qatar ini membuat Rossi mendapatkan kritikan tajam. Lucchinelli kecewa melihat Rossi hanya finis ke-12 di Qatar. Juara dunia GP500 1981 ini pun menyebut harusnya Rossi pensiun saja. “Vale tadinya merupakan ‘alien’, namun waktunya sudah tiba untuk memberi ruang kepada pembalap muda di MotoGP,” ungkapnya seperti yang dikutip Corsedimoto.

“Saya tak punya dendam pada Vale, namun saya tak suka orang-orang yang mencoba menemukan alibi untuknya. Kini ia balapan hanya untuk finis, bukan untuk menang. Jadi, ia sudah merenggut motor dari anak muda, padahal dia sendiri belum menang lagi lebih dari tiga tahun,” lanjut Lucchinelli.

Berikut Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Losail, Doha 2021

  1. Jorge Martin, Pramac Racing 1m 53.106s
  2. Johann Zarco, Pramac Racing
  3. Maverick Vinales, Monster Energy Yamaha
  4. Jack Miller, Ducati Lenovo
  5. Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha
  6. Francesco Bagnaia, Ducati Lenovo
  7. Aleix Espargaro, Aprilia Racing Team Gresini
  8. Alex Rins, Suzuki Ecstar
  9. Joan Mir, Suzuki Ecstar
  10. Franco Morbidelli, Petronas Yamaha SRT
  11. Stefan Bradl, Repsol Honda
  12. Miguel Oliveira, Red Bull KTM Factory Racing
  13. Luca Marini, Sky VR46 Esponsorama
  14. Alex Marquez, LCR Honda Castrol
  15. Pol Espargaro, Repsol Honda
  16. Takaaki Nakagami, LCR Honda Idemitsu
  17. Danilo Petrucci, Tech3 KTM Factory Racing
  18. Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
  19. Enea Bastianini, Esponsorama Racing
  20. Iker Lecuona, Tech3 KTM Factory Racing
  21. Valentino Rossi, Petronas Yamaha SRT
  22. Lorenzo Savadori, Aprilia Racing Team Gresini.
Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Om, beritanya terjadi “time leap” bahkan judulnya sangat membingungkan.
    Kritik Lucchinelli untuk kejadian minggu kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here