ARIPITSTOP.COM – Morbidelli meski menjadi pembalap terbaik Yamaha di musim 2020, faktanya dirinya tetap mendapatkan jatah motor versi 2019 tidak seperti 3 pembalap Yamaha lainnya yang memakai M1 spek terbaru (2020). Morbidelli juga dipastikan tidak akan mendapatkan sasis pengembangan terbaru, namun ada kejutan manis dari Yamaha untuk Morbidelli agar semakin kompetitif.

Yamaha memang tidak boleh melihat sebelah mata kepada Morbidelli, faktanya meski hanya sebagai pembalap satelit dirinya menjadi runner up 2020 dan menjadi pembalap Yamaha terbaik padahal dirinya hanya memakai spek motor tahun 2019 yang sering disebut sebagai M1 Spek A. Dan di musim 2021 ini Morbidelli tetap memakai M1 spek A, akan tetapai pada saat sesi pra musim di Qatar kemarin, Morbidelli mendapatkan kejutan manis dari Yamaha berupa erangkat Holeshot Device. Dalam uji coba Qatar pada 6-7 Maret, ia bahkan tampil apik, duduk di posisi ketujuh pada hari pertama dan posisi keempat pada hari kedua.

“Perasaan saya setelah uji coba ini sangat baik. Saya harus berterima kasih kepada Yamaha, karena mereka memberi saya perangkat baru untuk motor saya. Rasanya sungguh menyenangkan, dan ini kejutan manis bagi saya,” ujarnya.

Morbidelli mengungkapkan meski memakai motor Spek A motor M1 musim 2019, kali ini motornya sudah lebih baik dibandingkan musim 2019 dan 2020, terlebih dengan penambahan alat baru ini.

“Saya dapat peningkatan pada paket motor. Di MotoGP, Anda setidaknya harus tetap berada di level yang sama, atau bahkan mengalami kemajuan. Saya rasa kami dapat paket yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kami juga bisa tampil dengan posisi dan level yang mirip dengan tahun lalu, dan ini positif,” lanjut Franco Morbidelli.

Pada sesi tes di Qatar, tiga pembalap Yamaha lainnya yaitu Rossi, Quartararo dan Vinales telah mencoba sasis terbaru, namun tetap tidak dengan Morbidelli. Akan tetapi pembalap dengan gaya rambut kriwil ini justru merasa beruntung, karena tidak perlu capek lagi untuk setup ulang karena motornya saat ini dinilai sudah ideal.

“Tak punya sasis baru itu bagus, selama sasis yang mereka coba tidak membuat mereka makin kompetitif! Lagipula, lebih baik bertahan dengan apa yang Anda punya dan mengerjakan setupnya. Tapi pada suatu titik, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang membuat Anda lebih berpotensi dan lebih cepat,” tuturnya.

“Saya rasa itu salah satu kunci penting di MotoGP, mencoba merakit motor yang cocok dengan Anda, dan punya motor yang gerak-geriknya bisa diprediksi sekaligus cepat. Jika coba-coba perangkat, Anda bisa melakukannya. Jika tak coba-coba, Anda pun berhadapan dengan tembok,” pungkas Morbidelli.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here