ARIPITSTOP.COM – Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio sepakat bekerjasama dalam pembuatan Battery untuk motor listrik yang bisa saling tukar. Proyek ini merupakan proyek jangka panjang untuk memudahkan pemeliharaan motor listrik yang semakin mudah karena dari keempat merk motor tersebut nantinya akan memakai tipe Baterai yang sama dan bisa saling tukar.

System saling tukar Baterai untuk motor listrik ini ibarat tabung gas dan galon di Indonesia kayak gitu dech… ketika motor kita kehabisan Battery maka tidak perlu mengecas tetapi cukup menukarkannya saja di pangkalan Baterai.

Swappable Batteries Consortium for Motorcycles and light Electric Vehicles, Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio resmi menandatangani kerjasama konsorsium Battery yang bisa saling ditukar untuk motor dan kendaraan ringan. Konsorsium ini akan mengembangkan baterai yang dapat ditukar untuk sepeda motor listrik, moped, sepeda roda tiga, dan ATV.

Para anggota Konsorsium percaya bahwa ketersediaan sistem baterai yang dapat ditukar standar akan mendorong penggunaan kendaraan listrik ringan secara luas dan berkontribusi pada manajemen siklus hidup yang lebih berkelanjutan. Tujuan ini direalisasikan dalam bentuk baterai yang digunakan di sektor transportasi. Selain dengan memperluas jangkauan, mempersingkat waktu pengisian, dan menurunkan biaya kendaraan dan infrastruktur, pabrikan akan mencoba menjawab kekhawatiran utama pelanggan mengenai masa depan mobilitas listrik.

Tujuan Konsorsium ini adalah menentukan spesifikasi teknis standar dari sistem baterai yang dapat ditukar untuk kendaraan listrik. Konsorsium ini akan bekerja sama juga dengan berbagai badan standarisasi untuk Eropa, masing-masing negara dan organisasi global. Dengan cara ini, organisasi baru dapat membuat standar teknis internasional yang akan menguntungkan produk anggotanya.

Konsorsium ini akan memulai kegiatannya pada bulan Mei 2021 agar mendorong pabrikan lain juga turut bergabung. Tentunya semua ini demi kenyamanan para konsumen ketika semua kendaraan motor sudah beralih ke tenaga listrik meninggalkan motor bakar.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here