ARIPITSTOP.COM – Angka kecelakaan di Indonesia terbilang sangat tinggi terutama kecelakaan yang terjadi akibat pengendara motor, hal ini karena faktor populasi kendaraan motor di Indonesia sudah sangat padat, la gimana nggak padat… cuma dengan 500ribu sudah bisa bawa pulang motor baru. Hal inilah kenapa Honda memikirkan agar konsumennya aman dan nyaman ketika berkendara di jalan raya, Honda ingin membentuk mindset Masyarakat Indonesia agar peduli dengan keselamatan di jalan ketika naik motor.

Masih sangat kendornya paraturan di Indonesia mengenai lalu lintas sangat berpengaruh terhadap kebiasaan Masyarakat ketika di jalan raya, masih banyak pengendara motor yang tidak memakai helm, masih banyak yang menerobos lampu merah, lawan arus dan masih banyak pelanggaran lainnya. Bahkan paling sederhana adalah ketika membuat SIM, institusi pembuat SIM masih ada celah alias bikin SIM nembak. Jadi jangan heran kalau angka kecelakaan di Indonesia susah turunnya dan cenderung meningkat karena kesadaran dari Masyarakat yang sangat kurang.

Hal inilah yang membuat Honda saat ini sedang giat melakukan campaign “Cari Aman” saat naik motor salah satunya adalah dengan cara memberikan pengetahuan langsung kepada Masyarakat mengenai cara naik motor yang benar bagaimana etika di jalan raya agar selamat ketika naik motor.

Sebagai bentuk keseriusan dalam mengedukasi keselamatan berkendara ke pengguna sepeda motor, AHM mengembangkan Safety Riding Center Honda . Bekerjasama dengan 7 main dealer Honda, pusat pelatihan safety riding ini beroperasi di Serang, Tangerang, Jambi, Yogyakarta, Pekanbaru, Surabaya dan Medan. Safety Riding Center Honda dapat digunakan masyarakat umum pengguna sepeda motor untuk belajar mengenai keselamatan berkendara baik berkendara di jalan raya maupun di kondisi jalan off road.

Sepanjang tahun lalu, program edukasi safety riding telah berhasil menularkan ilmu keselamatan berkendara ke lebih dari 1,8 juta. Program ini telah menyentuh 172.252 pelajar dari 1.250 sekolah dan 123.894 masyarakat umum. Menggunakan alat peraga keselamatan berkendara Honda Riding Trainer (HRT) yang tersedia di 929 dealer Honda, AHM telah melatih lebih dari 1,5 juta orang untuk memahami cara berkendara dengan pilihan beragam kondisi jalan raya.

“Safety Riding Center ini tidak ada hubungannya dengan penjualan motor melainkan Honda ingin merubah mindset kebiasaan Masyarakat Indonesia agar aman di jalan. Kita aktif melakukan edukasi ke sekolah2 juga ke komunitas bahkan kita mengajukan proposal ke Instansi untuk edukasi safety riding. Yang kita lakukan ini gratis, Masyarakat juga bisa langsung datang ke Safety Riding Center tanpa dipungut biaya apapun.” ujar Johanes Lucky Margo Utama selaku Departemen Head Safety Riding AHM saat saya temui di Suzuka Jepang di sela2 event Kompetisi the 20th Safety Japan Instructors Competition 2019, 3 & 4 Oktober 2019.

Johanes Lucky menambahkan jika pengetahuan safety riding harus dikenalkan sejak dini, anak2 di edukasi agar tahu apa yang seharusnya dilakukan atau apa yang bahaya ketika di jalan raya, sehingga tercipta kesadaran sejak dini.

Dan untuk meningkat kualitas para instruktur di Safety Riding Center, AHM mengadakan Astra Honda Safety Riding Instructor Competition yang diselenggarakan secara Nasional dan para pemenang berlanjut berkompetisi di tingkat Internasional. Saat ini 5 peserta kontestan perwakilan Indonesia sedang berkompetisi di ajang Kompetisi the 20th Safety Japan Instructors Competition 2019, 3 & 4 Oktober 2019, kontes ini juga diikuti para instruktur terbaik dari 9 negara lainnya yakni Singapore, Malaysia, Thailand, Philippines, Vietnam, India, Taiwan, Australia dan Turki.

Dalam acara kompetisi safety riding ini tentunya akan meningkatkan skill dan pengetahuan para Instruktur safety riding yang saat ini tersebar di seluruh wilayah Main Dealer Honda yang kemudian ilmu dan pengetahuan tersebut akan disebar luaskan kepada para konsumen yang ikut dalam acara pelatihan safety riding.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. kenyataanya di lapangan helm bawaan ahm kox alakadarnya begitu. kalo emang bener2 peduli sama keselamatan konsumen bukan cuma pencitraan saja harusnya ngasih ngasih helm yang layak dan bagusan dikit. syukur2 bisa ngasih safety gear tiap beli motor honda. sekali2 jadi first mover. mosok pabrikan sekelas ahm untungnya gak kehitung pelit sama konsumenya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here