ARIPITSTOP.COM РAkhirnya motor listrik karya anak bangsa ini resmi diluncurkan, GESITS resmi dibanderol 24,95 juta rupiah of the road. Pengiriman motor listrik Gesits rencananya akan dimulai pada Juli 2019 mendatang, sedangkan untuk kapasitas produksinya ditargetkan mencapai 50 ribu unit per tahun.

Bertempat di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Gesits resmi dilucurkan. Motor ini merupakan hasil dari kerjasama banyak pihak alias gado2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), serta BUMN seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON), PT. Pindad (Persero), PT. Len Industri (Persero), PT. Pertamina (Persero), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang diwakili PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Sedangkan motor listrik Gesits sendiri diproduksi di pabrik PT Wijaya Industry Manufacture (PT WIMA) di kawasan Cileungsi. Perusahaan ini merupakan perusahaan hasil kerja sama antara PT WIKON dan GTI (PT Gesits Technologies Indo).

Menariknya, PT Gesits Technologies Indo (GTI) selaku distributor utama motor Gesits telah membuka pemesanannya. Khusus pada pameran IIMS 2019 yang berlangsung dari tanggal 25 April hingga 5 Mei 2019, Gesits dihargai Rp 23,5 juta off the road, lumayan dapat diskon 1,5 juta.

Menarik dari motor Gesits ini memiliki 3 riding mode, Pertama ECO yang berfungsi menahan kecepatan puncak motor menjadi 25 km/jam. Kedua Urban dengan batas maksimal 50 km/jam dan ketiga adalah mode Sport yang mengizinkan laju motor mencapai 70 km/jam. Tujuan dari fitur ini, untuk memaksimalkan penggunaan baterai sesuai kebutuhan. Mode ECO dikatakan lebih hemat mengonsumsi daya ketimbang Sport.

Dari sisi depan, lampu utama yang kece dengan bentuk menyipit sekilas mirip Honda Vario. Lampu utamanya ini sudah LED, sedangkan lampu sein diletakkan terpisah di sisi atas lampu utama dengan teknologi LED pula.

Menarik nich lihat speedometernya, sudah full digital bahkan layar dari speedometer Gesits bisa terhubung adengan HP kita dengan menginstal aplikasinya. Di dalam dasbord speedometer ada petunjuk kecepatan, Odometer, Tripmeter, jam, kemudian ada juga indikator Battery 1 dan Battery 2, lalu indikator lampu sein kanan-kiri, dan masih banyak lagi dibagian bawah.

Dari sisi spesifikasi, motor listrik ini menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dari daya tersebut Gesits mampu menempuh jarak perjalanan hingga 100 kilometer dengan dua buah Battery, Torsinya besar dengan raihan maksimal sebesar 30 Nm@0-2125 rpm.

Pada saat pembelian motor ini hanya mendapatkan satu pcs Battery saja, meski sebenarnya di dalam bawah jok ada ruang untuk menaruh dua Battery. Jika ingin menebus Battery sehingga bisa terpasang dua buah Battery di dalam motor sehingga bisa menempuh jarak sampai 100 km, kita harus menebusnya sebesar 5 juta rupiah. Sedangkan jangka waktu pengisian daya baterainya membutuhkan waktu 3-4 jam sampai baterai terisi penuh hingga siap digunakan.

Untuk cara pengisiannya ada dua cara, pertama langsung colok yang posisi dibawah jok depan, dan cara yang kedua adalah melepas Battery nya kemudian dicas menggunakan adaptor yang sudah didapatkan saat pembelian motor. Jadi bisa Batterynya bisa dicas sambil kerja di dalam kantor.

Bagian penghubung tenaga belakang ternyata menggunakan V-Belt yang lumayan besar tuch untuk ukuran gear belakangnya yang dihubungkan oleh V-Belt dari Dinamonya (motor). Dan tampak juga single sok belakang. Bagian pengereman memakai double disc brake.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here