ARIPITSTOP.COM – Motor masuk jalan Tol memang selalu menjadi polemik di Indonesia, sebenarnya motor masuk Tol sudah tidak asing lagi karena di Bali sudah diterapkan. Lalu kenapa di Jakarta belum bisa terapkan ?, banyak yang harus dipertimbangkan terutama pemotor di jakarta masih banyak yang melanggar lalu lintas. Namun, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo punya pendapat lain. Menurutnya, pengendara motor memiliki hak yang sama dengan para pengemudi mobil. Sehingga, seharusnya pemerintah mengizinkan kendaraan bermotor roda dua masuk ke jalur bebas hambatan.

“Para pemotor memiliki hak yang sama dengan pemilik mobil karena sama-sama bayar pajak, sama-sama warga negara Indonesia. Masa enggak boleh menikmati hasil pembangunan?” ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Ketua DPR ini mengatakan, jalan tol di Suramadu dan Bali menjadi contoh bahwa jalan bebas hambatan bisa dilintasi motor. Menurut dia, hal ini akan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan. Namun, Bambang menyerahkan hal tersebut kepada pemerintah.

“Justru lebih tertib dan lebih aman karena satu arah. Kecelakaan dulu banyak terjadi ketika dua arah dan bertabrakan. Ini satu arah, mereka antre tol lalu berjalan beriringan,” kata dia.

Beda pendapatnya dengan pihak Kemenhub yang kekeh motor bahaya jika masuk jalan Tol, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi menilai dari sisi keamanan hal itu akan membahayakan. Apalagi jika pemisah jalur motor dan mobil sekadar marka jalan.

“Coba bayangkan seandainya tol dari mulai Cikampek mau ke Cirebon, mungkin ada orang Karawang mau ke Cirebon, menggunakan sebelah kiri jalan tol dengan kondisi katakanlah hanya dibuat marka saja, seperti apa, bahaya kan,”

“Apalagi jalan tol kan terbuka, anginnya besar,” tambahnya.

Bukan hanya itu saja, justru pengamat transportasi Djoko Setijowarno tak sependapat dengan usulan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo supaya sepeda motor diberikan jalur khusus di jalan tol. Menurutnya lebih baik pemerintah mempertimbangkan adanya jalur khusus angkutan umum di tol.

“Kan kecelakaan sepeda motor tinggi, kita harus hindari lah, kita kurangi pengguna sepeda motor, lebih baik angkutan umum. Kenapa nggak diusulkan saja di jalan tol kasih jalur untuk angkutan umum, itu menarik tuh,”.

11 KOMENTAR

  1. Motor masuk tol? Jgn samakan kondisi dimarih dgn di luar negri sono..tingkat disiplin masyarakatnya beda bos..disini pecicilan..ngeri dah..yg punya mobil bisa2 jantungan disalip alay ato emak2..

  2. ngeri motor masuk tol mah. lewat jalan kampung aja udh deg2an apalg motor masuk tol. pada modar yg ada motor di tol di sikat truk ikan ama truk tanah yg kosong.

  3. Apa mampu matic-matic kecil jalan nonstop 80+ kph berjam-jam? Apa bisa dipastikan nggak ada yg pecicilan kalo masuk tol? Bukan soal sama bayar pajak, tapi sama-sama mampu nggak mengikuti aturan tol?

  4. Semoga terwujud tapi yg ane bingung pak budi setiadi “apalagi jalan tol terbuka, anginnya besar.. ..? ! Lha ane tiap tahun mudik lewat pantura sama aja terpaan angin’a. Hahahahha

  5. Kok bisa kecelakaan karena razia? Kaget? Takut? Pengen kabur jadinya celaka? Itu bukti kalo pemotor masih banyak yg nggak sesuai aturan, lol.

  6. Jangan satuin sama mobil jalur nya bos, kebayang seliweran nya di tol kayak gimana kalo disatuin, dikita tuh jumlah motor nya bejibun beda ama luar negri yg cuma satu dua, tiap rumah di mari pada punya motor..

  7. Mgkn bisa dimulai dr pembatasan cc..
    tarif tol yg sama dgn mobil penumpang biasa..
    Denda yg besar..
    Bagian dpn ama blkg motor dkasi mata kucing kyk usa/my..
    Helm wajib full face..
    Emak2 dgn alasan apapun ga bole masuk.. apapunnn

    Dan yg paling penting, hapuskan keharusan pake plat nomor depan! Untuk seluruh biker warga negara Indonesia!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini