ARIPITSTOP.COM – Hanya tinggal satu pekan lagi pergantian tahun dari 2018 ke 2019, dan biasanya di awal tahun baru para pengamat otomotif roda dua menantikan produk baru apa saja yang akan dirilis oleh pabrikan. Khusus untuk pabrikan berlogo “S”, minimal akan ada 5 motor baru di tahun 2019 dan salah satunya yang totaly new atau facelift adalah di segmen motor backbone alias bebek.

Informasi yang sudah dipastikan akan ada produk baru di kelas bebek ini hadir menjelang pergantian tahun, sang nara sumber menyebutkan bahwa Suzuki Indonesia sudah menyiapkan beberapa produk baru dan salah satunya adalah di kelas backbone. Meskipun pasar motor bebek semakin menurun akan tetapi di kelas ini tetap saja masih mamiliki pangsa pasar yang membuat para pabrikan tetap harus mempertahankan line up motor backbonenya. Menurut data AISI 2018, pasar bebek saat ini hanya menguasai 8% kemudian segmen sport hanya 7% dan dominasi pasar saat ini adalah disegmen matic yang menguasai hampir 85%.

Lalu bebek apa yang akan dirilis oleh Suzuki ?, Suzuki Smash saat ini sangat sulit penetrasinya, di kelas motor bebek 100cc – 125cc sepenuhnya dikuasai oleh Honda dengan Revo dan Supra series, jadi menurut saya sangat kecil kemungkinan Suzuki akan merefresh Suzuki Smash yang tahun kemarin kembali diporuksi ualng oleh Suzuki Indonesia untuk pasar lokal.

Lalu bagaimana dengan nasib Satria ?, yap…. bebek sport memang pasarnya juga semakin menurun, akan tetapi Suzuki tetap harus mempertahankan salah satu icon yang sudah memiliki nama kuat di kaum anak remaja di Indonesia, kalau ngomongin soal motor ayam jago pasti Suzuki Satria. Motor ini memang sudah wajib untuk segera mendapatkan penyegaran, sehingga ada peluang besar Satria akan mendapatkan rombakan di tahun 2019.

Kemudian kemungkinan yang terakhir adalah, hadirnya bebek sport pesaing MX King dan Supra GTR. Akan lebih menarik kalau Suzuki Indonesia berani memproduksi bebek sport 150cc dengan mesin milik Satria dan diberi nama Shogun 150 atau Shogun R150 atau Shogun SP150 atau apalah itu…

Suzuki pernah berjaya dengan sang bebek Shogun yang memang terkenal bandel Dan desainnya paling sporty dimasanya, lama tak ada inovasi hingga akhirnya sang bebek inipun layu. Sangat disayangkan sang kuda besi harus berakhir mengingat kompetitornya yaitu Supra Dan Jupiter sampai kini terus hidup meskipun sand di segmen bebek sudah jauh berkurang digerogoti motor matic.

Jika melihat trend motor saat ini yang condong ke motor yang lebih bertenaga, mungkin Suzuki mewujudkan bebek bertenaga seperti Supra Dan Jupiter MX King. Shogun sudah punya nama, tinggal bagaimana cara penetrasi untuk mempromosikan agar Shogun kembali berjaya seperti masanya dulu.

11 KOMENTAR

  1. Menurut saya,logisnya suzuki segera membuat matic sekelas nmax,aerox atau pcx. Tentunya sebagai penantang harus punya keunggulan di beberapa sisi. Entah powet,desain,atau fitur.
    Dan memang ini harus dilakukan suzuki jika ingin tetap eksis.
    Buat apa ngoyo membuat motor under bone yang ceruk pasarnya tinggal 7-8%?

  2. Shogun SP 150 uda paling bener. Ambil basis desain satria hiu agresive.
    Stoplamp LED, headlamp HS1.(headlamp LED terlalu mahal).
    Ban F & R naikin 1 step aja. Gk usah terlalu gambot. Simple kn.

    • Setuju plus fitur… Bagasi muat helm… charger HP… Dan bagasi depan mirip bagasi address… Terakhir kalau memungkinkan harga bersaing tolong sematkan fitur keylees

  3. Seharusnya sih shogun150sp yah.. Segmenya jelas masuk semua kalangan usia… Market ayago mulai menyusut skrng.. bahkan gabungan distribusi sonic vs satria gak mampu ngalahin penjualan wktu jaya” nya segmen ayago..

    Beneran bebek spesis baru ato cma smash fi gnti baju?

  4. Kalau emang bener Shogun nih.. dan bukan yang lain.. segmen Jupiter MX baka terancam nih..
    terlebih kalau desainnya diluar dugaan.. hehehe

  5. Kang ari sampaikan ke susuki , bnyak group mx king mau beli,,, shogun r 150 ,,mesin satria dohc high rpm…tpii inget tampilan kaya mx king jangn suprta GtR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini