ARIPITSTOP.COM – Akhirnya da secercah harapan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP, bukan di Sentul atau di Palembang tetapi akan dibangun di Lombok. Secara diam2 ternyata pelan kemarin pihak Dorna sudah mengunjungi Lombok di sela2 seri MotoGP Asia Pasific, dan hasilnya sirkuit di Lombok mendapatkan kesempatan besar untuk jadi tuan rumah MotoGP paling cepat mulai musim 2021.

Kabar ini bukan sekedar isapan jempol menjelang tahun politik, karena pihak delegasi promotor MotoGP, termasuk CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, rupanya telah mengunjungi Lombok beberapa hari lalu untuk melihat langsung lokasi sirkuit jalan raya (street circuit) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dilansir dari motorsport, proyek sirkuit ini akan dibangun kontraktor perusahaan asal Prancis yang bergerak di bidang Konsesi dan Konstruksi, yakni VINCI Construction Grands Projets. Rencana pembangunan sirkuit ini sudah lebih seriua dibandingkan di Jakabaring karena disini sudah langsung berhubungan dengan Ezpeleta. Ezpeleta pernah mengindikasikan perihal menggelar balapan di sirkuit jalan raya (street circuit). Hal ini diungkapkannya tahun lalu.

Sebenarnya rencana pembangunan sirkuit di Lombok ini sudah dibocorkan oleh Ezpeleta sejak tahun lalu yang mengatakan akan ada balapan MotoGP yang menggabungkan trek dengan jalan raya.

“Mungkin ada sirkuit jalanan di MotoGP. Ada proyek solid di sebuah kota tropis. Secara teori, sirkuit berada di perkotaan dan paddock akan tertutup, terintegrasi di pusat eksibisi. Selama event Grand Prix akan digunakan untuk balapan dan sisanya untuk hal lainnya.” ujar Ezpeleta.

Jika pembangunan sirkuit di Lombok ini mulus berjalan maka penambahan seri MootGP yang saat ini sudah mencapai 20 seri tidak akan bisa lagi ditambah hingga musom 2020, sehingga peluang besar dimulai musim 2021 nanti.

“Hingga 2021, kami pastinya tidak akan menggelar lebih dari 20 Grand Prix dalam setahun. Setelah itu, kita akan lihat nanti. Kami memiliki banyak permintaan untuk sirkuit yang ingin menggelar balapan. Mereka yang memiliki kontrak akan menghormati mereka, tetapi dari sana mereka harus bernegosiasi,” tandas Ezpeleta.

Advertisements

6 KOMENTAR

  1. Dari aspal yang sudah jadi sekarang, akan perlu perombakan besar lagi untuk dijadikan sirkuit motogp, baik lebarnya..dll .secara geografis dan track memang mandalika ini menarik.

    • Nah itu dia, saya setuju mang kobay, selama ini yg ada hanya rencana dan rencana doang tidak ada kelanjutannya. Malahan sirkuit yang ada sekarang akan/sudah dicoret dari kalender balap asia ARRC 2019 karena tidak ada perbaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here