ARIPITSTOP.COM – Yamaha Byson saat ini memang mengalami penjualan yang tidak beruntung di Indonesia, sangat berbeda di negara asalnya yaitu india yang sampai saat ini masih laris manis. Dan baru saja untuk pertama kalinya penampakan facelift dari New Byson 2019 sedang ditest jalanan.

Awal kemunculannya pada tahun 2010, Yamaha Byson mengusung mesin karburator dengan desain yang gagah meskipun tenaganya dianggap kurang tapi fatanya Byson karburator sangat digandrungi. Pertama kali lahir hingga tahun 2011 ketika masih diimport dari Thailand motor ini mengalami inden yang mengular hingga akhirnya jalur inden bisa terpangkas setelah YIMM resmi merakit sendiri mulai tahun 2012.

Hingga akhrinya pada tahun 2015 mendapatkan update desain serta mesin baru yang sudah injeksi. All New Byson fi memiliki kapasitas engine 149,3cc sedangkan powernya menjadi 13,06PS@8000rpm, meski kapasitas turun tapi Byson injeksi diklaim akslerasi lebih kencang dari versi lama dan hal ini langsung dibuktikan oleh para awak media ketika sesi tes ride bahwa performa Alll New Byson memang terasa sekali powernya, akslerasi yang rigit ditunjang bobot motor yang berkurang hingga 3kg.

Namun ternyata setelah ada update versi injeksi justru penjualan motor ini semakin menurun, puncaknya pada tahun 2017 motor yang mengusung desain gagah ini hanya terjual 678 unit sepanjang 2017, atau kira-kira 56 unit per bulan. Begitu juga di sepanjang tahun 2018 ini penjualan Byson FI semakin terpuruk.

Meskipun penjulannya di Indonesia sudah tidak selaris pada awalnya, akan tetapi motor ini sebentar lagi akan mendapatkan update desain baru, yap… sebuah penampakan untuk pertama kalinya di India, terlihat sosok New Byson sedang ditest jalanan, sayangnya fotonya kurang jelas akibat seluruh bodi bahkan lampu depan ditutupi menggunakan semacam lakban.

Jika melihat desainnya, sudah jelas banget kini desainnya benar2 baru meskipun ada beberapa sektor yang dipertahankan. Kita lihat bagian depan dulu, sayangnya cover headlamp dibungkus oleh lakban sehingga kita tidak bisa melihat dengan jelas bentuknya, akan tetapi informasinya kalau headlampnya kini sudah LED.

Untuk speedometer terlihat tetap full digital, lalu bentuk spakbor depan sudah berubah begitu juga dengan bentuk velgnya yang juga berubah mirip punya Vixion. Lalu kita lihat bagian tangki tetap besar tapi sepertinya bentuknya mengalami sedikit perubahan, begitu juga dengan air shroud samping tangki kini lebih besar. Dan dibawahnya tepat di leher knalpot kini ada cover pelindungnya.

Lalu kita intip bagian mesin sepertinya masih sama tidak ada perubahan, bisa dilihat dari bak kopling dan cylindernya.

Kita lihat bagian belakang ternyata mengalami perubahan juga, lihat bagian knalpot kini berubah, lalu desain joknya juga berbeda, kini behelnya menyambung tidak memisah model tanduk. Bagian spakbor belakang juga berubah, dan terlihat juga bagian rem belakang tetap memakai disc brake.. yap… Byson di India sudah mendapatkan update rem cakram sejak tahun 2018 ini.

Lalu kapan akan dirilis di Indonesia ?, kemungkinan motor New Byson ini akan dirilis terlebih dulu di India.

8 KOMENTAR

  1. Thumbs up utk jok tandem, stoplamp & behelnya stylingnya lebih mndekati byson gen 1 yg unik tapi bagus, ga latah ikut2 motorsport, lebih baik dr byson yg skrg.

  2. Pertama Thailand yg bikin terus di Thailand aga kurang penjualannya..tapi di India laku keras daripada vixion (fz-150) akhirnya desain yg ke-2 India banget

    Kalau menurut sy sih berhenti lah pake hand grip belakang (behel) ala Tiger, karena ga cocok dipake di Yamaha

    Tapi yakin itu Byson V3?? Mirip sama FZ-250 soalnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini