ARIPITSTOP.COM – Yap, Event Pekan Raya Jakarta 2018 sudah mulai dibuka tanggal 24 Mei hingga 1 Juni 2018. Hampir sebagian besar ATPM roda dua hadir disini memamerkan semua line up produknya di booth masing2, tidak ketinggalan dengan Suzuki. Tahun ini di booth Suzuki ada yang berbeda dan menjadi kejutan karena terpajang dua motor yang didatangkan langsung dari India yaitu Suzuki Intruder 150 dan Suzuki Access 125.

Di hari pertama PRJ 2018, saya menyambangi booth Suzuki, disini komplit semua line up Suzuki dari roda dua hingga roda empat. Matic Suzuki terbaru yang baru diperkenalkan yaitu Nex II juga sudah berjejer rapi, tak ketinggalan Suzuki Address dan pastinya sang bebek sport Satria FU. Jajaserran motor sport sudah pasti juga dihadirkan yaitu GSX-R150 dan GSX-S150, dan sudah saya bilang di paragraf pertama yaitu kali ini ada yang berbeda di booth Suzuki.

Suzuki Indonesia memamerkan Suzuki Access 125, matic retro ini didatangkan dari India. Kabarnya Access 125 ini sangat digemari oleh biker India, namun kalau saya boleh bilang biker Indonesia saat ini tidak menyukai desain yang membulat, untungnya sesuai info yang saya dapatkan bahwa motor ini hanya diperkenalkan saja di Indonesia belum ada informasi resmi apakah akan resmi dijual atau tidak, namun yang pasti Suzuki Indonesia akan menggali segala informasi alias test pasar apakah motor ini cocok atau tidak dijual di Indonesia.

Di India, Suzuki Access 125 memakai mesin dengan kapasitas 124cc, singgel silinder yang mampu mengeluarkan tenaga 8,7 PS (8,58 hp) pada 7.000 rpm. Mesin tersebut juga dibekali teknologi baru Suzuki yang merupakan penggabungan antara teknologi Suzuki Eco Performance (SEP) namun tetap irit di kelasnya.

Kemudian ada satu lagi kejutannya yaitu dihadirkannya Suzuki Intruder 150, sudah jelas bahwa motor ini adalah jenis cruiser. Suzuki Indonesia akan menggali semua informasi mengenai produk ini di mata biker Indonesia. Sebelumnya Suzuki India merilis sang motor cruiser yang sudah sejak November 2017 lalu sudah terlihat penampakannya dengan jelas di jalanan India. Sang cruiser memiliki dua varian warna Metallic Grey with Matte Black dan Glass Sparkle Black with Titanium Matte Silver dan dibanderol 1.06 lakh atau sekitar 22,4 juta rupiah.

Suzuki Intruder 150 bisa disebut sebagai mini Intruder 1800 versi 150cc. Suzuki Intruder ini disebut sebut merupakan sebuah segmen baru di kelas ini, tagline-nya sendiri adalah “India’s Modern Cruiser“. Motor ini memiliki kapasitas mesin 154,9cc, 4-stroke, 1-cylinder, SOHC, dengan 5 percepatan berpendingin udara, motor ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 14.8ps@8000rpm dan torsi 14Nm@6000rpm. Namun pada bulan Maret 2018 lalu motor ini mendapatkan update teknologi Injeksi.

Dan yang dipajang oleh Suzuki Indonesai di booth PRJ ini merupakan varian karburator, akan tetapi versi karburator dengan injeksi tidak ada perbedaan sama sekali dari segi desain. Meskipun berkapasitas kecil namun penampilan Intruder 150 tetap layaknya moge namun memang ada kekurangan di bagian ban yang saya rasa masih kurang lebar. Secara desain sudah pasti cruiser banget, posisi duduknya yang memanjang, pijakan kakinya berada di depan. Motor ini memakai lampu depan LED Proyektor, lampu rem belakang juga sudah LED. Untuk bagian pengereman juga sudah ABS. Dimensi Suzuki Intruder memiliki panjang 2.130 mm, lebar 805 mm dan tinggi 1096 mm. Pelek ukuran 17 inci dibalut ban 100/80 dan 140/60.

Pakah motor ini cocok dipasarkan di Indonesia ?, saya rasa akan memiliki segmen tersendiri dan patut dicoba.

 

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. minimal copot dulu kek sari guard nya, biar gak india banget, btw suzuki kurang kerjaan banget bawa ni motor

  2. Intruder harus ganti kaki-kaki dgn velg yg sesuai desainnya baik lingkar roda maupun lebarnya, trus copot sari guard, ganti mesin pake punya GSX series

    cakeppp

  3. Duit 20 jutaan dapet shock 41 mm, durability top, mesin overstroke 63 mm raja torsi, kaki selonjoran, hemat BBM, speedometer canggih ala Satria/GSX. Tinggal bobok knalpot udah maknyus lah….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here