ARIPITSTOP.COM – Sekarang giliran intip data penjualan di motor sport naked bulan April 2018. Dominasi Yamaha Vixion sepertinya memang sudah diruntuhkan oleh CB150R. Sejak kelahirannya di tahun 2007, Vixion langsung menjadi sport naked yang diminati oleh para biker di Indonesia, tidak ada motor sport yang penjualannya bisa diatas Vixion, yap… selama kelahirannya baru tahun ini di 2018 sepertinya tahta rajanya motor sport akan beralih ke Honda CB150R.

Namun semua bisa berubah, karena tahun 2018 baru berjalan selama 4 bulan saja dan masih ada data market hingga 8 bulan kedepan, artinya masih ada peluang Vixion untuk mempertahankan tahta rajanya motor sport.

Melihat angka wholesales di bulan April 2018, tercatat CB150R mampu meraih angka 7.694 unit meskipun turun dari bulan sebelumnya namun angka ini masih jauh diatas Vixion yang hanya mampu terdistribusi 3.956 unit.

Sedangkan untuk Suzuki GSX-S150 justru terlihat ada trend naik sejak Januari 2018, bisa dilihat dari data dibawah, meskipun jauh dibandingkan kompetitor namun ada hal pisitif pada motor naked dari Suzuki ini.

Berikut data penjualan sport naked 150cc sesuai data AISI April 2018 :

2018 CB150R VIXION GSX-S150
Januari 6.357 3.587 44
Februari 7.168 2.508 63
Maret 9.114 7.166 107
April 7.694 3.956 281
 Total 30.333 17.217 495
Advertisements

25 KOMENTAR

    • Padahal tinggal copot fairing R15, usd sama banana di copot juga, dah gitu aja, kan cerita nya vixion versi naked nya R15, samain aja ekor nya knalpot dll..

  1. gampanglah, nanti tinggal digerojot habis di akhir thn,

    jadi dech titel raja tetap nempel,

    khan cb juga bisa diprediksi jumlahnya brp di akhir thn.

  2. Inilah akibat panik diserbu kompetitor, sehingga design asal-asalan..pecat R & D nya!
    Rekrut Desainer dengan nama Lek Joe !

    Tidak perduli Break Event Point, tidak laku = tidak tercapai Profit Margin.

  3. Jual apa coba yamaha…vixion yg di gembor2kan dah KO. Tinggal Nmax ma Aerox aja…nunggu KO…MS sudah 19% mau turun berapa % lagi yamaha? Niat buat produk berkualitas gak sih? Masak dr jalan bahula sampek sekarang ga pernah kalahin honda? Katanya kita penantang….penantang kok ga pernah menang? Malu gaes…

    • berkualitas ??? yg mesinnya berani dibejek2 sampai jebol dan rangka anti patah ??? itu tidak mencerminkan kualitas yah ???

      yg ente mau kualitas gmn ???

      kualitas AHM masih dibawah YIMM

      Yg ngakunya lolos QC tapi cuman sebatas wacana ??? QC yg ketat menandakan produk itu berkualitas … test real jalanan seberapa kuat komponen yg di buat dan di pake dalam sepeda motor itu … jgn nanya MS .. buat apa MS wong YIMM juga dipercaya sama Yamaha Global ( inget global seluruh penjuru belahan bumi ) ..

  4. ini keslahan strategy dari Yamaha. yamaha lupa bagaimana vixion sukses? Vixion sukses karena spec diatas honda tapi harga jauh dibawah honda. sekarang ga laris KARENA harga berani diatas HONDA
    memang sich ada embel2 vva dkk tapi klo harganya mahal yaaaaa tau sendiri dechhhh

  5. banyaknya jaringan mempengaruhi distribusi ya, bisa jadi penjualan retail vixion secara produktivitas lebih tinggi daripada CB

  6. Gila ya perubahan selera konsumen. Dulu pas jayanya, sebulan aja Vixion doang bisa sampe 30 ribuan. Lha ini CB butuh 4 bulan buat sampe 30 ribu.

    Sebentar lagi, segmen entry level juga bakalan mengkeret, klo lihat trend pertumbuhannya dibandingkan dg trend pertumbuhan segmen skutik 150. Baca angka distribusi NMax sebulan bisa 40 rb kok ini spt penggantinya Vixion.

    Wajarlah, klo masy pendptn naik, walo sama2 motor klo mampu beli yg maxi ga akan yg kecil asal bisa jalan. Maunya ya pasti yg wah lah

  7. Dulu yamaha budeg soal rear disk brake, honda budeg monoshock.

    Sekarang cuma yamaha yg budeg soal DOHC.

    Memang sohc di c kecil gak ngaruh signifikan, ini soal mindset bro, soal kemauan pasar. Ngeluarin dohc sekarang udah telat. Harusnya 2-3 tahun lalu.

  8. ada lagi yg ngomongin DOHC, SOHC di kapasitas 150 cc. ckckckc

    di adu aja dulu R15 V3 vs GSX R150 vs CBR150R

    siapa yg menang? siapa yang ketinggalan satu kecamatan?

    nanti alesan gara2 kapasitas lebih besar. hellow!!! yg dohc juga kelebihan 1 cam. ckckckckck

  9. yamaha mungkin akan menggunakan DOHC di mesin kapasitas kecil kalau memang sudah ada teknologi yang membuat losses-nya lebih kecil dari SOHC 4v. buat apa DOHC kalau dengan SOHC saja airflownya sudah bisa sama atau lebih deras dari DOHC. DOHC memang lebih superior dalam hal airflow, tapi kalau dihitung-hitung, pada mesin kapasitas kecil, power yang digunakan untuk muter 1 extra cam lebih besar dari extra power yang dihasilkan. jadi kalau ditotal malah lebih besar pake sohc 4v.

    di kapasitas yang lebih besar DOHC pasti lebih berefek pada airflow karena settingan yang lebih leluasa, lift tinggi, sudut klep, ukuran cam yang lebih besar dan berat dan lain-lain.

    ibaratnya DOHC di 150 cc lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya.

  10. Wkwkwk..
    Lengser juga ini raja…
    Salah yamaha sendiri, dikasih renderan keren sama blog eh malah bikin motor modipan pom bensin, dari awal liat juga udah gk kompak design nya…,
    Motor keren yamaha tinggal MX king, tau dah generasi selanjutnya kaya apa..
    Bukan sekali aja kayak gini, mulai dari mio jadi mio fi yang sein nya rada aneh, vega new jadi vega zr yg lampu belakang nya balik ke jaman purba, zupiter z burhan jadi zupiter z1 yg ekor nya over nunging kaya bebe beneran, byson jadi byson 150, scorpio, mio soul, dan sekarang vixion pantas konsumen nya pada kelain hati karena motor pabrikan sebelah udah keluar dari zona bapak2nya.. Wkwkwk

  11. Pantesan rossi ma vinales kalah muluk, ternyata ini penyebabnya, penjualn motor seret ret ret, yamaha cuma kebagian kue 17% aja, lah si honda 70% lebih… Riset motor rossi n vinales ra enek duite..

    • Duitnya abis buat bayar Gaji Rossi ama Vinales bro.. Jadi kucuran ke RnD nya kecil, keuangan seret kualitas M1 makin ancur

  12. asli, masalah vixion cuman di model…..
    mending model mt25 diturunin ke vixion saat mt25 sama r25 sudah di facelift…..
    atau minimal itu bokong r15 ditemplokin ke vixion

  13. Yamaha kehilangan jati diri. Desain meruncing yg selama ini menjadi idola sudah hilang. Justru honda yg sekarang mengaplikasikan pada produknya. Selera masyarakat masih sama. Jangan buat konsumen mengikuti kemauan pabrikan tetapi justru pabrikanlah yang harus mengikuti kemauan konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here