image description

ARIPITSTOP.COM – Akhirnya punya kesempatan untuk mengetes konsumsi bahan bakar yang dimiliki oleh Suzuki Satria FU, jenis pengetesan yang saya lakukan seperti biasa, seberapa jauh motor bisa berjalan hanya dengan mengkonsumsi1 liter BBM yang saya pakai adalah Pertamax Ron 92. Seberapa irit, wajar atau boroskah ?.

Sebelum uji pengetesan seperti biasa saya kuras habis BBM yang ada di tangki motor, sudah pasti juga sudah saya siapkan tabung takaran 1 liter dan juga botol cadangan untuk dibawa nanti saat riding untuk mengisi kembali ketika motor sudah benar2 mogok.

Pengetesan yang saya lakukan dari rumah saya di Jonggol menuju ke kecamatan Cileungsi masuk ke perum Grand Nusa Indah kemudian melewati jalan alternatif menuju kantor kecataman Kelapa Nunggal setelah kembali lagi ke Jonggol. Start dimulai dari odometer menunjukkan angka 313, dan tidak lupa juga pastinya mereset Trip odometer untuk memudahkan perhitungan.

Kebetulan cuaca akhir2 ini memang sering hujan dan pada saat pengetesan ini sekitar jam 2an siang cuaca agak mendung juga bahkan di tempat lain baru saja reda hujannya. Kecepatan motor antara 40 sampai 60 kpj namun dalam situasi menyalip kendaraan besar bisa lebih dari 60 kpj.

Dengan bobot saya yang sekarang 60 kg serta tinggi badan 173 cm, akslerasi motor underbone ini ternyata nampol juga ya… tak kalah sama motor sport naked.

Dalam perjalanan sempat melewati jalanan yang baru saja reda hujannya namun alhamdulilah saya tidak mengalami saat kondisi hujan. Sudah berjalan sampai kecamatan Kelapa Nunggal kemudian balik lagi muter arah ke Jonggol memasuki perum Citra Indah, disinilah motor sudah mulai tersendat hingga akhirnya mogok karena BBM di tangki sudah habis. Di odometer menujukkan angka 356.

Setelah dilihat dari trip meter ternyata konsumsi BBM satria FU menggunakan Pertamax Ron 92 dalam 1 liter mampu berjalan hingga 43,9 km, menurut sampeyan itu apakah irit, wajar atau boros ya ?.

Berikut video pengetesannya sambil ngobrol gosip tentang motor Suzuki, via hp klik disini

Advertisements

11 KOMENTAR

  1. Masih irit wak haji ngetes sob,,,seperempat liter dapet 18 km,,,,,metode sama,,,bobot pengendara jg sama,

    Kok bisa beda yak ?

    hehe

  2. Mending DOHC Honda sih…

    “Yap Honda CB500F mati karena habis bensin di angka trip meter A 30,9 km yang artinya 1 liter Bensi Pertamax dipakai secara real oleh Honda CB500F untuk 30,9 km .. . sedangkan pembacaan meteran Konsumsi bahan bakar berada di angka 31,5 km/liter”

  3. Iri tu bang mesin DOHC OVERBORE, satria karbu 2012 saia ja dari jelupang BSD ke mall Taman Anggrek PP Rp 27.000 (shell super) +- 55 km. Tapi satria FI kompresinya 11,5 : 1 yg agak susah kalo diajak touring daerah. Soalnya satria karbu saia minum premium mogok ga bisa nyala2.

  4. Irit wak kaji, kayak nya yg ngetes agak berumur.. . 😁✌. Satria karbu ane 28 tapi yg tes agak bandel di jalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here