image description

Pemerintah india mulai bulan April 2017 menerapkan peraturan baru tentang standar emisi gas buang pada kendaraan, seperti halnya di Indonesia yang akan mulai bertahap tahun 2018 namun baru diterapkan di roda 4 saja untuk motor belum ada keputusan resminya. Berbeda dengan Indonesia, di India peraturan emisi gas buang sesuai aturan Euro IV mulai diberlakukan April 2017.

instagram-aripitstop

Karena aturan ini banyak pabrikan dan dealer di India langsung menjual secara obral unit motor yang masih dibawah standar emisi gas buangnya. Pemerintah India menetapkan standar emisi minimal mencapai Bharat Stage (BS) IV, atau setara Euro IV untuk semua motor yang dijual per April tahun ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa Yamaha India mengimport motor R3 dari Yamaha Indonesia secara CKD, namun R3 asal indonesia masih memakai standar emisi BS III atau setara Euro III seperti yang berlaku di indonesia. Dilansir financialexpress (11/4/2017), untuk sementara Yamaha India menyetop dulu import YZF-R3 dari indonesia, jika R3 sudah memenuhi standar emisi Euro IV maka Yamaha India bakal kembal mengimport secara CKD.

Kabar dari inancialexpress menyebutkan bahwa kemunculan kembali Yamaha R3 dari Indonesia masih lama, paling cepat bulan Juni 2017,dan kemungkinan dibarengi dengan perubahan lainnya selain standar emisi gas buang.

23 KOMENTAR

  1. Daripada yang jualan lokal doank, kagak bisa kipas dolar, penjualan domestikpun drop. Padahal udah unggul segala2nya Hwehwehwe.

  2. Euro 4 dan ubhan lainya..Jadi intinya bakalan ada facelip R3 kluar dibulan juni 2017 nih..????????????????apa mngkin brrti facelipt R25 jga secara bnyk comon part..cmn ubhn knalpot sajakah?

    • bukan perubahan desain, menyesuaikan emisi gas buangnya, misalnya memperbesar knalpot agar lebih banyak menampung honeycomp untuk mengurangi emisi gas buang.

  3. Prodak Y yang lebih silent suara mesin dan rantai rodanya daripada prodak sebelah gak lolos euro 4. Apalagi prodak tetangga?

    Jadi inget gelar yang disematkan oleh mbah bons, CAMRYosak. Dari generasi lama sampai baru masih saja gitu-gitu aja.

  4. Di dalam jurnalisme, judul ini menurut saya misinformed dan berpotensi tendensius.

    “Karena Penerapan Euro-4 April 2017, Yamaha India Stop Import dari Indonesia”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here