knalpot bising

Berapa sich maksimal besaran suara yang ditimbulkan oleh knalpot ? bagi polisi di TKP tidak perlu memakai desibel meter cukup dilihat knalpot non standar alias after market maka sudah dikategorikan knalpot bising, ini sesuai fakta di lapangan meski sebagian yang beruntung ada polisi yang meloloskan. Apakah perlu ada surat khusus semacam knalpot after market yang berijin seperti R9, SAKURA, AKRAPOVIC dll agar para polisi tidak sembarang menilang karena knalpot tersebut sudah lolos dari ambang batas suara yang diijinkan.

image

Saya sich  setuju saja untuk knalpot bising diatas batas suara yang diijinkan maka akan ditilang tapi yaitu… polisi harus bijakdalam menilang jangan asal knalpot after market langsung ditilang saja toch sudah ada aturannya kan.

Tingkat kebisingan knalpot motor yang diatur dalam peraturan Lingkungan Hidup No.7 tahun 2009 adalah motor yang berkapasitas mesin kurang dari 80 cc maksimal kebisingan knalpotnya 80 dB. Untuk motor berkapasitas 80-175 cc maksimal 90 dB dan di atas 175 cc maksimal juga 90 dB. Peraturan ini mengacu pada standar global ECE (Economic Comission for Europe)-R-41-01.

Mau kita merujuk ke undang2 saat ditilang yang ada di TKP kita kan beradu argumen dan mental dengan polisi seberapa kuat kita bisa berdebat jika mental polisi down kita beruntung tapi kalau dapat polisi yang ngotot ya… apes justru akan tambah ada hukuman bisa jadi. Namun sudah seharusnya kita tetap merujuk pada UU yang sudah ada dan polsii juga menerapkan penilangan sesuai peraturan yang berlaku.

knalpot bising ditilang

Seperti kejadian di cirebon ini, pengalaman dari bro Ferry Pian Permana yang dishare di group vixion ini memakai kanlpot R9 yang kena tilang di cirebon yang akhirnya hanya kena teguran saja karena sebelumnya berdebat dan akhirnya kena tegoran saja buktinya tuch ada tulisan kertas yang ditempel di anak kunci motor, itu tandanya kena teguran tidak ditilang. Berdebat kalau kalah bisa dech keluarin jurus telpon sesama polisi kalau kita punya sodara polisi, nach… kolusi ini, tapi kita dalam posisi yang benar ya…

Dalam komentar yang ada di grup vixion tersebut ternyata bukan hanya di cirebon, bandung, yogyakarta yang dulu marak razia knalpot tapi penilangan terhadap knalpot bising sudah marak di berbagai kota di indonesia meski yang disebutkan baru di daerah pulau jawa saja dan di kota2 besar pastinya. Sepertinya masalah knalpot ini tidak ada ujungnya ya…

Advertisements

29 KOMENTAR

  1. Kadang polisi ga tau UU’nya yg dia tau dari atasan suruh razia knalpot , ada suara knalpot di luar standar dalam benak ” Wiiiiiihhhh DUIT nie… Mayan

  2. Mungkin dari seluruh biker dari smua club or komunitas harus minta penjelasan dan sosialisasi langsung dari kapolri aj serta di liput press biar semua lebih jelas baik untuk pengendara motor juga jajaran satlantas polri apakah benar2 harus standar pabrik atau berdasarkan tingkat kebisingan.. Biar ga ada lagi oknum polisi yg asal tilang..

  3. yap…
    knalpot bising mending gk ada… kecuali buat di sirkuit…
    kalo kalian punya anak kecil/ bayi pasti setuju…
    berisik…
    kalo di tegor, mereka bilang kita punya hak, motor gw, knalpot gw..
    capek deh….

  4. waahhh di bali mah knalpot model macam ap juga kagak dilarang apalagi ditilang motor tanpa sein, tanpa lampu belakang, tanpa lampu depan make ban ,cacing, knalpot berisik, apalagi pake di blayer segala tambah brisik, gak ad sepion, pake lampu strobo, belom lagi kalo ad orang bule yg meanggar di jalan di negeri kita sendiri rasanya itu ngenes gan udh melanggar pake ngeblayer pula kebanyakan ugal ugalan bener bener miris ane :v

  5. waahhh di bali mah knalpot model macam apa juga kagak dilarang apalagi ditilang, motor tanpa sein, tanpa lampu belakang, tanpa lampu depan, make ban cacing, knalpot berisik, apalagi pake di blayer segala tambah brisik, gak ad sepion, pake lampu strobo, belom lagi kalo ad orang bule yg melanggar di jalan di negeri kita sendiri rasanya itu ngenes gan udh melanggar pake ngeblayer pula kebanyakan ugal ugalan mau ane salip motor ane kagak kuat maklum bebek 110 bulenya kadang make ninja / klx bener bener miris banget ane gan :v

  6. harusnya buat knalpot yg udah lolos uji emisi eh kebisingan harus dpet sertifikat..
    jdi kita bisa mnunjukan.. nihh merk knalpotnya ini gambar standar knalpotnya ( krena kaya NOB1 ajja kada di lepas DB killernya.. yg standar kan di pasang dan aman dri polis..) dan ini isi klo knalpot di nyatakan lulus uji kbisingan.. dan di cantumkan di STNK.. jgan cma samber..
    cz kadang pengendara 2 cyl touring jga di kawal polisi. pdahal kn jlas bnyak plaggaran.. ex gk ada spion..plat blakang..knalpot racing.. tapi knapa di kawal..?

    • Setuju banget.

      Saya ganti knalpot standar motor sport saya (bukan Ninja) justru biar suara knalpot lebih keras. Itu saja maksud ganti knalpotnya. Karena pengalaman sebelumnya beberapa kali pas ngegas mau mendahului motor di depan, malah ridernya bawa motor bergerak ke kanan. Sepertinya tidak mendengar padahal motor saya sudah digas kenceng.

  7. maaf mas ari, tapi setau saya ada UU juga yg mengatur ttg bagian2 motor yg tidak standar bisa dilakukan penilangan, misalnya knalpot. Saya pernah ketilang gara2 knalpot dan saya berargumen ke polisi ttg tingkat kebisingan knalpot, lalu dia kasih lihat UU yg saya bilang td. Intinya yg tertera disitu part/bagian motor yg tidak standar bisa kena tilang, tp saya lupa itu pasal brpa. Nah kalo gini kan brrti UU ttg tingkat kebisingan tsb jadi tidak berlaku lagi dong, toh sekecil mgkn db nya kalo knalpot ga standar pasti ttep kena tilang -.-

    • Heheheheee,,,
      Kalo buat ane UU yg berlaku itu semuanya buat ngenakin aparat, dan menjerat rakyat mereka mikir kalo bnyk rakyat yg ngak ngerti akan UU,, ky kejadian tetangga ane yg diperas tengah malam doi kena razia dan harus berdamai 100rb hny krn pajak telat 4hari.
      Bisa sprti itu Krn dalam otak si aparat yg pakai seragam lengkaplah yg menang,, Mental Centeng,Sok berkuasa..padahal dy bisa makan aja krn duit sumbangan dari rakyat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here