serba serbi mudik (5)

Mudik pakai motor ? sudah menjadi tradisi masyarakat indonesia selain praktis para beberapa pemudik tak hayal ingin menunjukkan status sosial mereka kalau sudah punya motor berarti rantaunnya bisa dikatakan berhasil, dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri,oleh karena itu semakin tahun pemudik yang menggunakan motor akan semakin bertambah dan pelarangan dari pihak pemerintah dan polri hanya sebatas khiasan saja.

Kiniada anjuran yang baru lagi dari LLAJ, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Banyumas Agus Sriyono di Purwokerto, Jawa Tengah. Berikut pernyataannya :

  • “Pemudik bersepeda motor sekarang banyak yang menggunakan sepeda motor matic yang mempunyai ukuran ban lebih kecil dari sepeda motor biasa,”
  • Menurut dia, ban berukuran kecil berbahaya jika digunakan untuk perjalanan jarak jauh karena tidak bisa meredam guncangan pada kondisi jalan yang berlubang.
  • Berdasarkan pantauan di lapangan, kata dia, kecepatan sepeda motor matic relatif tinggi atau rata-rata di atas 70 kilometer per jam sehingga akan terpelanting ketika berusaha menghindari lubang meskipun hanya lubang kecil.
  • Selain itu, lanjut dia, sistem pengereman sepeda motor matic tidak bisa spontanitas serta memiliki mesin dengan kapasitas besar atau di atas 100 cc.
  • “Ini menjadi suatu permasalahan kenapa pemudik sering terlibat kecelakaan. Ini mungkin karena mereka tidak tahu kondisi lingkungan sekitarnya atau daerah-daerah yang dilalui sehingga mereka bisa terlibat kecelakaan,”

Motor matic diarasa berbahaya karena cenderung memakai ban kecil dan tingkat pengereman yang kurang. Sebenarnya pemerintah sudah menganjurkan untuk mudik tidak memakai motor bahkan pemerintah juga menghimbau kepada para ATPM motor menyediakan truk ekspedisi untuk mengangkut para pemudik sehingga mudik menjadi aman dan nyaman, banyak juga perusahaan atau insatansi lain sekarang menyediakan bus gratis untuk mudik jadi memang lebih baik memanfaatkan transportasi selain motor.

Ada yang mau menambahkan ?

34 KOMENTAR

  1. Himbauan ngawur…
    Kecelakaan di dominasi matic bukan berarti krn matic ga aman, tp krn 60% (kira²) pemudik yg menggunakan sepeda motor pake jenis matic…wajar kl tingkat kecelakaan lbh banyak di dominasi matic…

  2. kalo pake mobil/bus macetnya kaga ketulungan kangbro trus juga nyampenya lama bingits. Saya pribadi lebih suka pake motor karna jam rehatnya bebas tp y emang melelahkan.

  3. Mudik naik motor sambil mengatasnamakan org kecil tp kelakuan dijalan MAYORITAS GAK BENAR tp mintanya diìstimewakan dijalan, hadeeeh… Kaya gt lah KEBANGGAAN BIKERS, wuahahahahaa….

  4. Motor matik shock blkg nya cuma sebelah, kiri doankz! yg kanan ga pernah dipasang jd buahaya kl kena lobang! hora stabil! kecuali nmax, pcx, burgman, skywave, hayate, nouvo! aman dan nyaman dech kl pk matik tsbt!

  5. tahun ini pun aq dan suami berencana mudik naik motor matic ke jateng… ini pertama x nya mudik naik motor smoga lancar dan gak ada kendala apapun… selamat sampe tujuan

  6. gak bisa di bayangkn nti rasa nya sperti apa mudik naik motor… rontok x ya pinggang hihihi…
    was was bgt siii tp smoga lancar smuanya
    smoga yg pd mudik naik motor lancar selamat sampe tujuan dan jngn lupa berdoa ya guys …
    utamakan keselamatan jgn bawa barang berlebihan
    Bismillah ^^

  7. Himbauan diskriminatif.. bukan berdasarkan data ..malah pengamatan..hadeeeuuhhh… kalo emang ga aman kenapa diproduksi masal???? lawong sama2 bayar pajak kok. Pakai matic tuh lebih asik, ga pegel pencet kopling oper gigi, tinggal gas rem gas rem doang.. hemat tenaga. Matic itu bukan cuma m*o doang pak yang bannya kecil..banyak matic yang bannya lebar-lebar. Masalah rem lagi dibawa bawa. tinggal ganti piringan cakram lebih lebar plus kampas rem kualitas bagus kan aman juga. Lah kalo jalan berlobang itu tanggung jawab pemerintah untuk perbaiki. bukan kendaraannya yang dilarang.masalah pemotor yg kecelakaan karena tdk tahu lingkungan jalan..emang matic doang??jadi kalo pake motor bebek atau motor laki jadi tahu lingkungan jalan pak?? gittuuu.. himbauan diskriminatif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini