NMAX VS BRUGMAN 200 (11)

Sudah tahukan kalau suzuki juga sudah memasarkan motor mogenya, yup salah satunya adalah Burgman 200 yang dibanderol 54juta rupiah. Dengan kapasitas mesin 200cc power motor ini tembus 18,1HP@8000rpm memang sich kalau dibandingkan dengan NMAX nggak sepadan tapi ya.. lawong suzuki hanya ada burgman 200 dipasaran. Yup dapat kiriman dari bro dwi beliau owner yamaha NMAX dari depok. Cekidot hasil reviewnya.

Tadi saya main ke rumah om sasmito agung wibowo di perumahan citra grand cibubur.. Dia baru beli suzuki burgman 200 , dapet last stock batch pertama import suzuki sunter, unitnya ex display n test ride, kondisi udah ada surat2 atas nama pt. Suzuki.. Kebetulan saya lagi bawa nmax, langsung aja insting bikers jalan, banding2in.. Hahaha..

Langsung test ride muter2 komplek.. Om agung test nmax saya, saya test burgman 200 om agung..

NMAX VS BRUGMAN 200 (7)

First impression, duduk diatas jok burgman serasa duduk di sofa, luebar n empukk tuuenanann..
Atur posisi kaki, pijakan kaki burgman 200 gak jauh beda dgn pijakan kaki nmax..
Posisi kaki selonjor n sigap sama, jarak kaki selonjor juga sama persis, padahal kalau dilihat floor step burgman lebih panjang..

NMAX VS BRUGMAN 200 (6)

Pindah fokus ke area konsol depan, wuih lebar sangat..
Banyak laci/konsol utility di burgman 200, panel speedometer terlihat jelas, tapi sayang masih analog, cuma indikator bensin n odometer yang digital, ngeliatnya inget suzuki thunder 2006 saya dulu, speedo dgn dua lingkaran menyatu.. Hahaha…

Lihat kearah jalan, weh pandangan terhalang windshield, untungnya windshieldnya clear view..
Spot di area ban depan terhalang body, sama seperti nmax juga sih.. Langsung putar kontak, model kunci kontak masih standar tanpa pelindung, buka jok terintegrasi ke kontak, sama seperti nmax.. Pencet starter.. Zzzzzzzz….

Ga terjadi apa2.. -_-

Dan ternyata tombol engine cut off ada di posisi off.. -_-
Ubah ke posisi off..

Pencet starter..
Makgreenggg…
Terasa lebih keras suara dinamo starter burgman 200, getaran mesin juga lebih terasa bergetar..
Maklum saya belum pernah nyemplak big scooter beneran.. Hehehe..

Coba agak ragu putar gas, mesin mulai teriak..
Lho tapi gak jalan2.. -_-
Agak berani putar gas lebih dalam, baru jalan deh.. Akselerasi awalnya seperti yamaha x-ride saya di rumah pas cvtnya slip.. Gas banyak baru jalan, seperti gejala ngeden gitu mas.. Mungkin krn peruntukan eropa yg jalannya gak ada macet ya, jadi ga butuh akselerasi bawah yg berguna utk stop n go.. Nanya sama om agung, ternyata memang begitu akselerasi awalnya, mulai nendang di akselerasi menengah sampai atas.. Om agung test di jalan alternatif cibubur dapet 120kmpj om speedo, blm mentok, yg mentok nyalinya.. Hahaha..

Untuk handlingnya ketika dikendarai gak terasa berat, untuk memutar juga ga jauh beda dgn nmax, saya ga perlu menurunkan kaki ketika U turn.. Padahal berdasarkan info dari om agung bobot burgman hampir 200kg, bandingkan dgn nmax yang hanya 120kg..

Komparasi fisik lainnya rasanya saya gak perlu banyak berkata kata ya mas..
Langsung aja saya lampirkan foto2 komparasi fisik antara suzuki burgman 200 dan yamaha n-max 155..

Terima kasih mas ari..
Salam informatif..

Dwi Ristianto
N-Max Riders Depok

19 KOMENTAR

  1. kurang cocok klo burgman pake velg 14″ (CMIIW) deh. mungkin kasih 17 atau 16″ mantep kali ya ? bodinya geede tuenan

  2. lam kenal om..ane silent reader ini blog.and selalu mantau artikel terutama tentang nmax sampai akhirnya kepincut ama ni nmax hingga inden dari awal maret di dua dealer plus daftar inden via ksm bca..tapi oh tapi sampe hari ini ga ada kbr pasti kpn kbagian jatah si keren nmax.mana byson th 2010 ane dah di jual ke adek ipar.maap akhir nya curhat kpanjangan,akan tetapi kbutuhan roda 2 mkn mendesak buat antar jmput anak skolah akhirnya jatoh pilihan ke honda beat pop aja dah.sore ini mtr di kirim ga pk lama. padahal ane fans brat yamaha dari semenjak rx king 97 mio 07 ampe bison 10.ooh yamaha aku minta cerai aja dah..bybyby

  3. Komparasi tidak seimbang….yg satu bener2 big scooter yg udah legendaris yg satu scooter biasa di gede2in kaya PCX 😀 dari sisi geometris sasis aja udah ketauan kalah Nmax-nya….jangankan yg 200cc, Burgman yg 650cc aja masih enteng di standarin tengah….:-)

  4. ada yang aneh Gak?

    ada …ketika plat No.Pol di blurrr…eee foto berikutnya yg kelihatan sisi belakang lupa gak di bLurrrr….

  5. Wah kalo d bandingin dgn burgman sih pcx sma nmax ya kalah la.. tp entah ya ane blm prnah cba burgman 200..
    Soalnya yg nongkrong d garasi ana cma burgman 400 hehe.. mungkin g jauh beda kali ya..

  6. Halo semuanya, saya juga peminat burgman 200. Yang saya suka dari burgman adalah karena dia European Spec Bike, jadi mungkin tenaga awal kalah tp kalo dah tengah” jangan berharap kalo burgman akan stop berakselerasi. Saya pernah sampai 140kmh dan masih mau naik lagi walaupun mental dan jalan saya udah habis. Beberapa bulan lalu temen BCI riding disumbawa, dan kekuatan abs nya benar” mantap dari kecepatan 150 bisa berhenti tanpa menabrak sapi yg ada didepan. Sekedar info aja sih, Burgman ada beberapa kelas 200cc, 400cc, dan 650cc. Baru” ini burgman merilis 125cc dengan harga at least 3,499 US$, nah burgman 125 ini lah yg akan jadi kompetitor NMAX dan besutan honda yg baru Forza 150. Semoga bermanfaat, salam brotherhood, salam biker, terima kasih. #MaxiScooter

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini