SPEEDOMETER MIO M3

Yamaha sudah hadirkan motor matic terbarunya dengan kapasitas 125cc, motor 125cc akslerasi lincah tapi kok yamaha berani klaim irit di motor terbarunya ini lalu rahasianya apa ? salah satunya adanya fitur terbaru yang ada di motor matic tanah air yaitu ECO Riding, yup dengan adanya sinyal Eco indikator ini biker bisa tahu apakah dia sedang jalan dalam keadaan konsumsi bahan bakar irit atau tidak, mantep ki…

Lalu bagaimana cara kerja Eco indikator ini ? lampu ECO Indikator akan menyala secara otomatis saat kita riding dengan membetot gas secara perlahan tidak langsung dibejek alias tarik gasnya diurut dengan catatan rentan kecepatan diantara 20-60 km/jam secara stabil. Kalau sampeyan berjalan betot gas full dan secara mendadak apalagi running diatas 60km/jam maka dipastikan lampu sinyal ECO Indikator di sebelah kiri atas speedometer akan dalam kondisi ”OFF”. Hal ini sudah saya buktikan…!

MIO M3 (3)

Berbekal rasa penasaran saya coba pergi ke dealer terdekat karena dengar2 dealer yamaha menyediakan motor untuk tes ride buat konsumen yang ingin menjajal kebengisan motor ini, ternyata benar saya datang ke dealer yamaha di bintaro kemudian ngrayu sales biar bisa tes ride di jalan raya lawong konsumen boleh tes ride tapi cuma dihalaman depan dealer saja. hehehe…rayuan berhasil menaklukkan sales akhirnya dengan modal kamera action cam bisa mengabadikan nyalanya Eco indikator.

Minta kunci motor sama sales…bingung nich mau kasih apa ya sama sales…pas malam minggu lagi… kunci motor sudah didapatkan langsung tancap gas. Coba mengitari halaman dealer sekali eitch… sinyal ECO sempat nyala…kemudian langsung menyusur jalanan, nach disini pas keadaan jalanan ramai lancar, saat motor jalan diatas 20kpj sinyal Eco langsung nyala dan ketika gas ditahan alias nyala sinyal bisa bertahan tapi ketika kena macet atau melambatkan motor bahkan sampai berhenti ternyata sinyal Eco ini mati coba sekali bejek gas dengan spontan ternyata Eco tidak nyala meski masih dibawah 60kpj.

eco mio

Dari sekilas tes ride ini saya coba simpulkan kalau sinyal Eco ini akan menyala stabil jika sampeyan betot gas secara halus dan berjalan dalam rentan 20-60kpj saja, ketika terkena macet dipastikan sinyal Eco tidak akan menyala begitu juga saat betot gas secara spontan dan berjalan diatas 60kpj.

Nich videonya,

via hp klik disini.

Advertisements

34 KOMENTAR

  1. 20-60KM/Jam di samping irit bahan bakar…lari segitu juga lebih safety di banding lari diatasnya aka Gass Pollll……
    Kesimpulannya Biang Boros adalah kelakuan tangan kanan masing2 Rider…bukan unit motornya xixixixi…..lha asal plintir je wwkwkwkwk…

  2. Tapi masak iya mo jalan di bawah 60km/jam terus…? Apakah ini bkn malah jadi kelemahan kalo harus jalan pelan terus..? Mio j dulu jg gitu…tehnologi ymjet fi hanya berfungsi iritnya di bawah 60km/jam…terus beda dan keunggulannya dimana…?

  3. yg komen soal ISS lebih baguslah, lebih baiklah brati konyol bin bego. lha teknologi ISS itu kan sudah dipatentkan sama Honda, jadi pabrikan lain entah itu Suzuki, Yamaha, etc ya gak boleh niru pakek sistem yg sama.

  4. moga kolor ijo ini menghilangkan kelemahan gen sebelumnya.
    btw wajib ya parkiran yamaha di cat biru gitu, gw ke dealer yamaha minggu lalu mereka pada ngecet ngecet parkiran gitu…..

  5. Fitur ini membuka pengetahuan kita bahwa kota macet itu gk eco riding,,, kenapa ?

    Eco Riding untuk motor matic itu punya algoritmanya tersendiri,,,

    1. Range speed 20 kmpj s/d 60 kmpj
    2. Stop to Go dgn betotan gas yg halus, perlahan, dan stabil tidak menyentak, tidak berakselerasi, tidak gas poll
    3. Saat pengurangan kecepatan jangan merem disaat rpm dan speed masih tinggi, namun gunakanlah engine brake, saat rpm mesin sdh stabil di rpm rendah, baru deh gunakan rem,,, ini karena saat mesin berputar di rpm tinggi dan langsung direm maka laju motor melambat, rpm mesin turun drastis namun suply bbm ke silinder masih banyak maka terjadi ketidakefisienan antara bensin yg dipakai dgn energy yg dihasilkan. Ini yg gk bisa dilakukan di kota macet karena point ini memerlukan jarak yg lumayan jauh dgn mobil/penghalang didepan kita.

  6. Mio M3 memberikan keleluasaan pada konsumen di antaranya:
    mo irit pake cara yang benar dengan panduan lampu ECO.namun bila selalu yang terdepan,ya yamaha pastinya,ga usah mikirin ECO.Tetapi untuk selalu ngirit silakan cari merk motor lain,jika perlu pake sepeda aja.ya kalw mo gaya harus adalah modalnya,Yamaha paham itu..Kch kch..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here