OLI MILKY (1)

Musim hujan telah tiba bro, musim hujan saatnya harus waspada karena sepertinya musim banjir masih mengancam lingkungan kita. Apalagi di kota2 besar dataran rendah seperti jakarta, semarang dll yang rawan banjir pastikan kondisi motor kita terbebas dari imbas datangnya banjir.

Saat kita harus terpojok harus menerjang banjir pastikan setelah menerjang banjir motor kita segera dicek terutama oli mesinnya agar kalau mesin kemasukan air kondisi oli tidak terjadi milky. Apa saja yang harus kita perhatikan setelah menerjang banjir ?

1.Jika motor mbrebet setelah nglewatin banjir segera cek kondisi busi jika perlu ganti baru.

2.Cek kondisi filter udara, biasanya setelah nerjang banjir yang ketinggian air sampai diatas karburator maka wajib untuk bongkar filter udara tujuannya jika air membasahi filter udara maka filter udara bisa dilepas dulu jika sudah diberes segera ganti baru.

3.Jika motor mbrebet atau bahkan mogok, bisa karena karburator kemasukan air, untuk tindakan awal bisa membuang air didalam mangkok karbu lewat lubang pembuangan,biasanya diujung bawah karburator ada baut plus / men ,buka atau kendorkan baut tersebut agar bensin yang tercampur air bisa keluar. Jika tidak bisa bongkar karbu maka segeralah bawa ke bengkel.

4.Dan ini yang paling penting, cek kondisi oli. Jika air masuk ke bak mesin maka dipastikan oli akan bercampur dengan air dan karena perputaran maka oli dan air bercampur jadi satu mengakibatkan oli berubah jadi putih (milky) yang bisa merusak komponen part jeroan motor.

5.Untuk motor matic, jika motor terasa selip atau motor tidak jalan padahal gas sudah dibejek , motor segera bersihkan bagian cvt-nya karena air masuk kedalam cvt mengakibatkan v-belt basah air dan selip.

6.Ganti filter oli jika air sampai bercampur dengan air.

oli (1)

Kalau air sudah masuk ke mesin dan bercampur dengan air maka oli akan berubah wujud menjadi milky yang sangat berbahaya buat part2 didalam motor kita karena mengakibatkan keausan. Sudah pernah saya bahas bagaimana caranya menguras sederhana oli mesin yang sudah milky, monggo klik dibawah ini :

Musim Hujan dan Banjir Datang Awas Oli Mesin Jadi Milky, Plus Cara Kuras Oli Mesin Yang Milky

oli 1

Seperti apa korban keganasan air jika masuk ke mesin dan tangki ? monggo dilihat…!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini