INDEN R25 (4)

Yup…pasti sudah pada tahu acara yang diadakan oleh yamaha jawa timur sabtu malam kemarin, yup acara ini memang sesungguhnya menjadi bagian promosi yang bagus dari yamaha karena sembari rilis new produck R25 untuk daerah jawa timur juga terselip acara penjualan 50 unit R25 tanpa harus inden, salah satu langkah untuk mempercepat populasi R25 di daerah2 tentunya dan konsumen semakin penasaran dengan sering wara wirinya R25 di jalanan.

Namun jangan lupa seperti yang sudah saya bahas sebelumnya ( klik disini) banyak indener online mengutarakan kekecewaannya karena masih ada indener online yang belum mendapatkan unit tapi di acara rilis di surabaya ini justru konsumen tidak perlu susah payah melek tengah malam begadang berebutan inden R25 tujuannya cuma satu agar mereka mendapatkan unit pertama kali seperti yang diprioritaskan oleh yamaha.

INDEN R25 (3)

Saya begitu penasaran dengan para indener online yang belum mendapatkan unit R25 sehingga saya coba kontek bro Miftakhul salah satu indener dari jawa timur yang sampai saat ini belum mendapatkan unit R25 juga mendapatkan jatah helm AGV dengan no.urut 144 dan dia datang juga di acara rilis R25 yang diadakan di Surabaya Town Square. Saya coba tanyakan dia apakah benar dia salah satu indener R25 dan ternyata betul karena dia membeberkan bukti2 kepada saya bahkan dia sempat menanyakan kepada pihak panitia penyelenggara acara di SUTOS kemarin tentang status inden miliknya dan jawaban yang dia dapatkan sungguh diluar dugaan… berikut penuturannya :

Belum pernah sama sekali… Data juga belum turun di dealer. Dealer malah tau dari saya.

Saat launching d sutos kemaren katanya motor yg dijual di acara launching bukan milik inden OL. Motor inden OL belum dikirim dari jakarta. Tapi kenapa bisa yg beli di launchung sutos dapat dulu dibanding yg inden OL. Itulah permasalahannya.

Saya telpon call center yamaha mereka cuma bilang sabar. Distribusi bertahap. Oke saya terima. Tapi yg gak saya terima adalah kenapa yg beli via launching sutos bisa dapat duluan. Padahal dari dulu yamaha bilang untuk inden OL diprioritasakan. Apalagi saya termasuk 250 pertama belum pernah dihubungi dealer sekalipun untuk verifikasi data.

Berikut jawaban dari call center yamaha :

INDEN R25 (1) INDEN R25 (2)

Di jawaban call center yamaha sudah jelas kalimatnya ”indent online R25 akan lebih di prioritaskan untuk pengirimannya selambat-lambatnya akhir bulan agustus 2014”. Tapi dia kecewa karena yang tidak ikut inden online malah langsung dapat alokasi unit sebanyak 50 unit R25.

INDEN R25 (2) INDEN R25 (1)

Inilah salah satu PR dari yamaha, jika mengadakan inden online jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali…seharusnya sistem inden online R15 sudah menjadi pembelajaran buat yamaha agar inden online R25 berjalan lancar sampai ke tangan konsumen. Apalagi sebelumnya sudah bocor ada konsumen yang inden di ajang PRJ di jakarta kemarin juga sudah mendapatkan unitnya…siapa yang tidak kecewa sudah begadang sia2 dan harus segera transfer booking fee agar nomor inden tidak hangus…nach ini malah ada yang lebih mudah mendapatkan unit tanpa harus ikut inden online yang justru menunggu unitnya sampai dua bulanan…

Koordinasi yang tepat antara Yamaha pusat dengan pihak dealer agar tidak mengecewakan konsumen. Jika kejadian seperti ini terus berulang maka akan semakin banyak konsumen yang kecewa dan pada akhirnya justru mereka berpindah membeli produk kompetitor yang lebih mudah pelayanannya. Perlu digaris bawahi bahwa para penginden online rela mengeluarkan uang 53jt ikut inden online agar mendapatkan unit terlebih dahulu seperti janji dari yamaha sendiri. Entah promo ini diselenggarakan oleh pihak main dealer sendiri bukan promo dari yamaha pusat tetap saja seharusnya yamaha bisa memanage agar promosi yang dilakukan tidak menjadi blunder yang mengakibatkan konsumen kecewa dan berpindah ke kompetitor.

31 KOMENTAR

    • Bagaimana kalau kita sebagai komsumen yamaha kompakan selamanya gak akan ikut iden online produk baru yang akan datang dan dilaksanakan yamaha. Kita beli langsung aja didealer. Biar inden onlinenya sepi dan yamaha tahu bagaimana rasa sakit hati konsumennya.

    • Kalau yamaha gak becus bikin acara inden online sebaiknya jualan seperti biasanya saja…
      Dari pada kecewahin konsumen loyal kayak gini…

  1. Aneh ya, temen kuliah ane di Pekanbaru kok udah dapet unitnya?
    jangan2 unit udah dikirim tapi dimainin sama dealer dikasi ke yang mau ngasi ‘harga lebih’

  2. TERLALU YIMM, ga cepat tanggap apa maunya konsumen…. lihat saja kalo terus terusan begini dijamin bakal turun penjualan motor yamaha…..

  3. motor prematur!!!

    motor DOHC yg seharusnya liar di putaran atas malah tenaga drop setelah 10.500 RPM!!!

    motor paling mubadzir, kehilangan power terbesar dikelasnya!
    ninja crank 32ps —> wheel 26ps (-6)
    p200ns crank 23ps —> wheel 18ps (-5)
    cbr250 crank 28ps —> wheel 23ps (-5)
    yzf r25 crank 36ps —> wheel 27ps (-9)

    motor dengan engine terbaru kok malah power lost terbesar

    apakah materialnya paling jelek?

    apakah teknologi yamaha dikembangkan untuk menghabiskan sumber daya alam?

    apakah motor ini asal-asalan dikembangkan demi mengejar gengsi?

    entahlah…

  4. Sama persis jawaban emailnya contact center YMI ke saya juga gitu kang ari, cek di grup R25 owner di FB 🙁 hari ini saya berinisiatif datangin 2 dealer R-shop di kota saya Samarinda, di dealer istana motor malah ngga tau apa2 soal inden online ini, belum diberitahukan pusat katanya…. Di dealer istana motor saya dapat jawaban yg agak lumayan, pihak mereka cek dan konfirmasi ke pusat, dan akhirnya saya diminta printout bukti transfer, konfirmasi inden online dan KTP, saya akan dihubungi pertama kalau unitnya datang, syukurlah lega dikit…. Cuman parahnya YMI koq bisa ngga ada konfirmasi ke dealernya perihal inden online ini, bahkan sampai hampir berakhir janjinya YMI belum ada yg tau pihak dealer kapan datangnya tuh R25, bener2 parah manajemennya! 🙁

  5. Kekecewaan sama dg yg aku alami Om…nmr inden R25-A-04522. Coba YIMM transparan dg membuat daftar indener online, status unit yg dikirim dr mulai keluar pabrik sampai dg dimana progress pengirimannya dan siapa saja yg sdh dan belum dapat unitnya…biar jelas dan gak ada curiga apalagi sampai kecewa dan pindah ke kompetitor…

  6. Mending slogan yamaha di gnti aj jd “yamaha semakin dibelakang”tuk para indeners sabar ya mungkin truk angkut r25 bannya kempes diatas gunung.gombal mukiyo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini