LUBANG KNALPOT (2)

Artikel singkat saja, ternyata masih ada biker yang kurang paham dengan adanya lubang kecil yang ada di knalpot, yup lubang kecil berdiameter sekitar 2-3mm ini adalah lubang pembuangan air.

Lubang pembuangan air ini biasanya terletak di bagian bawah knalpot ditengah2 knalpot, lubang ini berfungsi untuk membuang atau mengeluarkan air yang masuk di knalpot entah itu air masuk karena saat mencuci atau iar masuk karena banjir atau hujan bahkan air embun saat pagi hari. Yup… saat pagi hari dan pertama kali menyalakan motor kita sering mendapatkan air menetes dari knalpot…! itu adalah embun yang dihasilkan saat malam hari / suhu dingin dan motor dalam kondisi diam/mati dan embun akan mencair dipagi hari atau suhu lingkungan meningkat yang kemudian keluar melalui lubang pembuangan alhasil ada tetesan air keluar dari knalpot. Paling mudah lihat saja mobil saat dipanasin pasti keluar airnya banyak…

knalpot-berair

Kondisi seperti ini wajar, bukan hanya di R15 saja tapi hampir semua motor di knalpotnya ada lubang pembuangannya. Tanpa lubang pembuangan air ini kita justru kerepotan kalau saat banjir atau mencuci motor banyak air masuk ke knalpot, kita repot mengeluarkan airnya tapi kalau ada lubang ini maka secara otomatis air akan keluar lagi.

LUBANG KNALPOT (1)

Nach dengan adanya lubang pembuangan air di kanlpot maka sering pula kita jumpai bercak2 coklat mirip karatan, itu sebenarnya karena air kotor yang mengering jika sampeyan lap pasti akan hilang warna karatannya itu. Perlu dibersihkan secara rutin terutama saat motor sehabis banjir2an atau hujan hujanan bahkan menembus air pantai / air garam di daerah pantai agar tidak timbul bercak mirip karat.

Jadi lubang kecil di knalpot itu memang normal, berikut saya tampilkan beberapa contoh lobang knalpot di motor lain ;

Lobang di motor byson

LUBANG KNALPOT (4)

Lobang knalpot di x-ride,

LUBANG KNALPOT (3)

 

Lobang knalpot di soul gt ;

LUBANG KNALPOT (5)

 

Advertisements

30 KOMENTAR

  1. Hedeh buego banget sih yg nanya,,, dr dulu keless udah ada lubang kecil itu, yg ga wajar itu lubang segede gaban dan kalo ada udara bocor di leher knalpot antara cylinder head sama knalpot itu baru ga wajar bikin tenaga ngempos…..

  2. Min all new vario 150 pny sy jarang dipake cm dipanasin 2 hr sekali.tiba2 keluar cairan kecoklat2an (spt air campur karat) dr lubang kecil itu pdhl g kehujanan/ g abis di cuci.jg g kena banjir.cuaca jg g dingin tp panas sekali.itu normal min?atau gejala rusak/bocor apa?thx

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here