galeri r15 (5)

Berawal dari pertanyaan ipan sang megison yang inden R15 tapi nggak mau ngaku meski sudah bikin artikel habis beli megison part 2. Saya coba sedikit jabaran tentang nyala lampu MIL pada motor R15. Lampu MIL pada R15 sama persis dengan nyala lampu MIL di motor New Vixion.

pertamax

Kedipan lampu MIL banyak jenisnya, setiap sensor yang rusak atau eror jumlah kedipannya berbeda beda. Saya kasih contoh saat nyala lampu MIL berkedip sebanyak 5 kali berupa 4 kali nyala panjang dan satu kali nyala pendek itu indikasi ada masalah di Lean Angle Sensor atau sensor rebah/jatuh.

Pada intinya untuk biker yang awam akan nyala lampu MIL saya sarankan untuk segera ke bengkel resmi saja jika lampu MIL nyala.

Ada cara 3 sederhana kenali jenis nyala lampu mil di motor R15 :

1.Jika intensitas kedipan lampu mil-nya lambat ,maka ada indikasi kerusakan pada sensor2(part injeksi) segeralah motor kang bro dibawa ke beres yamaha. Lihat contoh nyala lampu mil saat ada indikasi kerusakan. Saya contohkan pakai motor vixion, intinya sama saja dengan R15.

2.Jika intensitas kedipan lampu mil-nya cepat, maka tegangan aki turun/berkurang. Jika tegangan aki sudah turun pada 10volt maka lampu mil akan kedip perlahan2 dan jika didiamkan saja (aki tidak dicas) maka motor akan mogok kalau tegangannya hanya 6,5 volt saja. Lihat contoh lampu mil nyala saat aki soak.

3.Jika lampu mil nyala terus tanpa ada kedipan, maka ada 2 indikasi yaitu ECU rusak/short,biasanya karena pasang lampu2 tambahan/accesoris kelistrikan yang menyebabkab short dan saat lepas ECU kabel ECU atau soket menyentuh kabel aki atau terminal aki.

Berikut cara baca kedipan lampi MIL di motor R15, saat kedipan nyala lampu MIL nyala 1 kali panjang/lama dan 2 kali nyala cepat/pendek maka total nilainya (1 x 10) + 2 = 12, nilai 12 disini kerusakan pada crankshaft position sensor.

  1. Kedipan panjang bernilai 10 (sepuluh)
  2. Kedipan pendek bernilai 1 (satu)
Nilai Jenis Kerusakan Jumlah Kedipan
Nyala Lama Nyala Pendek
12 Crankshaft position sensor 1 kali 2 kali
13 Intake air pressure sensor 1 kali 3 kali
14 Saluran intake air pressure sensor 1 kali 4 kali
16 Throttle position sensor macet 1 kali 6 kali
21 Coolant temperature sensor 2 kali 1 kali
22 Intake air temperature sensor 2 kali 2 kali
30 Sepeda motor terjatuh 3 kali 0 kali
33 Primary ignition coil 3 kali 3 kali
39 System kelistrikan fuel injector 3 kali 9 kali
41 Lean angel sensor 4 kali 1 kali
44 Proses pembacaan atau penulisan pada EPROM 4 kali 4 kali
46 Aliran listrik ke system FI tidak normal 4 kali 6 kali
50 Kerusakan pada memori ECU 5 kali 0 kali

36 KOMENTAR

  1. Kalo R15 itu ada shift indicatornya gak Kang ? Soalnya saya kurang biasa neh naik motor tanpa shift indicator heheheh

    • 4 panjang 6 pendek kali gan, ane kira awalnya juga segitu, tp pas ane perhatiin baik baik 4 panjang pas ke 5 udah pendek kedipannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini