iklan iwb

engine mounting (5)

Motor matic terasa goyang goyang atau geal geol saat jalan apalagi saat melewati jalan rusak? ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi motor bisa seperti itu. 

Kondisi jalanan indonesia yang semakin rusak saat musim hujan membuat kinerja motor menjadi semakin extra, komponen banyak yang cepat rusak seperti bearing roda, jari-jari roda cepat kendor, bearing komstir cepat aus bahkan pelek bisa peang. Dari beberapa faktor tadi ada yang justru luput dari perhatian kita yaitu kondisi engine mounting. Engine mounting berfungsi sebagai penyambung, bantalan serta peredam getaran mesin agar getaran dari mesin tidak terlalu besar. Meskipun jarang melewati jalanan rusak engine mounting tetap akan rusak biasanya motor diatas umur 5 tahunan musti waspada dan selalu cek kondisinya. jika engine mounting sudah aus atau bahkan bearingnya sudah oblak pada saat jalan motor terasa goyang ( kata anisa bahar sich ‘goyang patah-patah’), terutama saat motor sedang nikung sangat terasa goyangan dari belakang.

mounting

Motor matic perlu pengecekan komponen ini jika sudah berumur tua atau 5 tahunan keatas. pengalaman pribadi kang ari ganti karet engine mounting setelah motor mio berusia 6 tahun jarak pemakaian cuma kisaran 20km setiap hari. Tanya ke mekanik jika saat motor dipakai terasa goyang apakah kondisi engine mountingnya masih bagus atau tidak.

engine mounting

Penggantian  engine mounting untuk motor matic biasanya menghabiskan biaya kisaran 180ribuan sudah termasuk ongkos pasang. Komponen yang yang perlu digantiberupa karet engine mounting, bos karet engine mounting dan bearing. Jadi jika motor sampeyan goyang goyang cek kondisi engine mountingnya.

Advertisements

20 KOMENTAR

  1. Kang, mau nanya, sehubungan dengan hujan abu gunung kelud di jatim. kondisi jalanan sekarang benar-benar kotor dan sangat berdebu. apakah setelah semua ini selesai filter udara motor perlu diganti?

  2. iya kang pa lagi yg injeksi…

    soale motor ane buat PP 30KM dr jogja mpe bantul e..

    di jogja tebel bgt debu e…

    bahaya kah buat motor injeksi dengan kondisi jalan yg sangat-sangat berdebu ini?

  3. Permisi kang mau nanya, klo laher tengah mio soul no kodenya berapa ya…
    Sama karet engine mountingnya kodenya juga ada gak
    Terima kasih

  4. Pemeriksaan pertama, as standart tengah geal geol. Mau di lepas asnya setengah mampus membukanya karena mau tak ganti pakai punya standart tengah Nouvo, akhirnya gak bisa di buka as tengahnya ( pusing kepalaku ). Kalau ada saran yg mau di potong pakai mesin grinda yg sebelah mana? Kalau di getok pakai martil salah getok takutnya crancase bawah pecah.

    Pemeriksaan kedua, rangka mioku kok goyang ya? ternyata bearing kiri di sebelah standart samping sudah mulai oblak, pantesan goyang. Malah yang disebelah kanan leher knalpot gak oblak.
    Itu bearingnya selain punya YGP apakau ada merek lain?
    Kode bearingnya berapa ya??
    Lebih enaknya diganti 1 set semuanya ya?
    Umur mio smile baru 5 tahun, kondisi jalan yg dilalui tidak selalu mulusss

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here