motor alay (2)

Motor injeksi sangat rentan terhadap kondisi lingkungan sekitar karena motor injeksi sudah dibekali berbagai sensor termasuk sensor tekanan udara ada juga sensor suhu yang kesemua sensor tersebut sangat berpengaruh terhadap akslerasi motor. Jika sensor suhu maupun sensor tekanan udara bermasalah atau ada keabnormalan dimotor maka sensor membaca kondisi real kemudian di hasil bacaan sensor dikirim ke ECU, di ecu info dari sensor diolah untuk sesuai kondisi motor kemudian dikirim ke actuator ( sistem kerja injeksi) untuk dijalankan semua info tersebut.

motor alay (3)

Nach bagaimana kalau motor kita utak-atik,contohnya tidak pakai box filter udara alias kopong ? tekanan udara tidak stabil alhasil sensor tekanan udara yang biasanya dibaca dari tekanan dari ruang box filter jadi kacau, tekanan udara di ruang box filter selalu stabil karena ada filter udaranya makanya filter udara musti rutin dicek kebersihannya agar tekanan udara stabil. Lach kalau tidak pakai box filter seperti motor ini… tekanan udara tidak stabil motorpun mudah mbrebet.

motor alay (1)

Selain itu kondisi diruang bawah jok jadi kotor dan kotoran mudah masuk ke alat injeksi terutama saat banjir. Jangan ditiru kalau motor sampeyan mau awet apalagi motor ditrondolin sampai komponen kelistrikan kelihatan telanjang saat hujan atau nyuci motor rentan konslet dan tidak bohong kok saya… nich motor ECUnya mati gara2 motor ditrondolin.

Semoga bermanfaat,

motor alay (6)

Advertisements

41 KOMENTAR

  1. kasus lagi tipe motor dibeliin ortu lagi nih…kurang bisa ngerawat motor e

    apa tipe motor yg uda lunas kreditnya lsg ditelanjangin hahaha

    kapokmu kapan leeeeee…

    itu biaya reparasie brp kang kira” pd kasus ini?

  2. biasanya sih kalau sudah ada kerusak yang parah baru sadar fungsinya filter.

    Mekanik untung (dapat kerjaan), konsumen pun juga untung (jadi tahu fungsi filter)

    hehehe

  3. tergantung merk motor, jenis ECU dan jumlah sensornya…H dan Y yg dulu kalo gak salah masih pake ECU open loop, buka filter maka setup dulu ECU nya. biar sensornya jalan. S paling lengkap sensornya dan udah ECU Close loop, otomatis menyesuaikan penerimaan sensornya. mau buka filter (ganti open air filter?) yg penting yakin gak dengan filternya menyaring kotoran?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here