kipas (2)

Sebelumnya kang ari pernah bahas kipas radiator meleleh juga disini ” Kipas Radiator Meleleh ,Jangan Abaikan Kotoran Menempel. ” . Sekarang mau saya ulas kembali karena kemarin dapat kipas meleleh lagi.

Radiator sangat berperan penting dalam proses menurunkan dan menstabilkan kondisi suhu mesin,jika suhu mesin terlalu panas maka akan berakibat over heating dan part2 yang bersegesekan seperti piston rawan aus.Untuk motor sport sekarang sebagian besar sudah memakai radiator bahkan moped dan matic pun sudah banyak yang pakai piranti ini,radiator menjadi salah satu fital saat kena macet,saat kejebak macet motor dipaksa mesin dalam kondisi nyala terus tanpa ada pendinginan dari laju angin seperti saat motor melaju sehingga salah satunya pendingin selain oli mesin yang berperan penting ya cuma radiator.

Cek selalu kondisi air radiator,saat service rutin tanyakan selalu kondisi radiator dan air radiator kepada mekanik.Air radiator disarankan diganti atau dikuras maksimal setiap 9ribu km atau 6bulan sekali lach… selain teratur mengganti air radiator jangan sepelekan juga kondisi luar (kondisi fisik) radiator,pastikan radiator dalam kondisi bersih bebas dari kotoran bertumpuk karena kotoran bertumpuk bisa mengurangi kinerja pendinginan diradiator dan yang paling parah adalah kipas bisa meleleh dan macet , kok bisa ?

kipas (1) kipas (2)

Dikondisi musim hujan radiator jadi rawan kotor,banyak kotoran / lumpur nempel didinding radiator,jika banyak kotoran so…pasti pendinginan berkurang. Terutama yang motor sport pakai fairing apalagi motor naked dikasih fairing yang super rapet nutupin mesin. Pasti radiator banyak kotorannya seperti di motor new vixion ini kipas bisa meleleh bahkan kipasnya bisa lepas dari rumahnya karena lelehnya sudah parah,Alhasil motor jadi over heating dan lampu MIL jadi nyala terus,karena air radiator habis.

Ini sedikit tips dari kang ari untuk merawat radiator tetap fits,

1.Ganti air radiator maksimal 9ribu km atau setiap 6bulan sekali.

2.Setelah diajak hujan-hujanan ( lewat kubangan ) segera cuci motor pastikan radiator bersih terutama bagian belakang yang ada kipasnya.

3.Jika pakai pelindung radiator pastikan pelindung itu tidak merusak dan menghambat laju kipas radiator,pelindung radiator lebih mudah menimbun kotoran dikisi2 radiator.

4.Untuk motor yang pakai fairing,saat nyuci motor sering melupakan posisi raditor karena susah dijangkau terhalang oleh fairing.pastikan kondisi radiator bagian belakang tetap bersih jangan hanya dilihat bagian depan saja.

5,Tidak usah pakai fairing kalau cuma buat gaya2an tanpa melihat safety buat motor.

radiator (2)

6.Jika pakai penutup radiator , sering2 buka dan bersihkan kisi2 radiator.

radiator (3)radiator (1)

Advertisements

22 KOMENTAR

  1. minta info donk gan.kipas radiator ane krbakar mau cari kipasy aj ssh bnngt.klo d delery mhal bngt gan.motr ane R15.kalo ada yang tau mhon infoy.ni no saya 0822-2052-8122

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here