saklar1

Sedikit info buat kang bro yang punya motor yamaha force dan ingin mematikan lampu AHI-nya,monggo disimak,siapin kacang dulu buat cemilan agar tidak bosen baca artikel yang jlimet bin panjang.

Hampir semua motor sekarang sudah pakai sistem AHO,efek yang paling dirasakan adalah bisa sebulan sekali ganti bohlam depan dan belakang terutama untuk lampu yang pakai arus AC,untuk yang DC masih sedikit aman meskipun ya umurnya berkurang dari model yang ada saklar lampunya.Dulu saya pernah buat artikel yang berkaitan dengan ini,monggo di cek :

Tips Pasang Saklar Lampu Untuk Motor Baru

Matiin AHO NVL,Pasang Saklar Old Vixion Di NVL

Tips Pasang Saklar Lampu Untuk Motor Baru.(Part 2) Diagram Rangkaian Kabel

Trik Pasang Saklar Lampu Jupiter Z1

Matiin Lampu AHO Motor X-Ride

Pasang Saklar Byson Matiin AHO,Gampang kok…

Sekarang gantian motor force,trik ini hampir sama dengan matiin AHO dilampu jupiter z1,silahkan disimak.

Pertama siapkan saklar suzuki shogun lama ( lihat gambar dibawah ),harganya kisaran 25ribu saja,saran saya beli part yang asli agar awet dan tidak mudah konslet.

Kedua,siapkan soket cewek dan cowok isi dua kabel serta kabel dan terminal kabelnya,biasanya dijual ditoko listrik/elektronik.Murah kok sepasang soket bisanya cuma 5ribu.

Ketiga,soket yang cewek disambungkan ke saklar kemudian disolder kedua kabel untuk menyambungkan kabel ( lihat gambar dibawah no.3 )

saklar5

Jika saklar shogun sudah disambung kabel,langkah selanjutnya lepas saklar force yang sebelah kanan,jika saklar force sudah terlepas lanjut ngemal saklar shogun di saklar force,jika sudah di-mal untuk bikin dudukan saklar shogun kemudian mal-tersebut dilubangin bisa pakai solder atau dengan bor tangan.Lihat posisi mal-nya.

saklar3

Nich hasilnya,

P1100462

Lanjut setelah saklar sudah terpasang,jika pakai saklar shogun terjamin kualitasnya karena standar pabrikan tapi jeleknya ada celah diatas saklar setelah terpasang,celah tersebut bisa ditambal dengan lem besi (dexton) tapi ngelemnya yang rapi ya…lihat gambar dibawah ini.

sakla2

Sekarang saatnya merangkai kabel.

Monggo diikutin langkah2nya sebagai berikut :

1.Lepas soket kabel sebelah kiri (saklar sen/klakson) soket yang berwarna putih ( kabel warna kuning hijau dan biru).lihat gambar dibawah no 1.

2.Lepas terminal kabel warna biru dikedua soket.lihat gambar no 2.

3.sama juga lepas terminal kabel disoket yang kedua. lihat gambar no 3.

4.Kedua kabel warna biru sudah terlepas dari soket,kemudian soket cewek dan cowok dimasukkan lagi. lihat gambar no 4.

saklar

5.Kedua kabel warna biru dari sepasang soket tadi disambungkan ke kabel yang sudah disiapkan gambar paling atas no 2. Lihat gambar dibawah no 5.

6.Sambungan kedua kabel jangan lupa dibungkus isolasi agar tidak terjadi short.lihat gambar no 6.

7.Sambungkan kedua soket cewek dari saklar shogun dan saklar cowok dari saklar lampu sen (saklar kiri).lihat gambar no 7.

saklar4

Rangkaian sudah selesai saatnya dites,rangkaian yang sederhana karena hanya matiin lampu utama saja untuk lampu senja/sore tetap nyala.Jika mau pakai saklar selain saklar shogun diusahakan beli saklar yang kualitas bagus jangan asal sembarang saklar seperti saklar kecil2 yang dijual ditoko elektronik bisanya kualitasnya jelek seperti gambar dibawah ini,saklar seperti ini mudah konslet tidak tahan panas.

sakla1r

Sekian semoga bermanfaat…

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Sebenarnya kalo mau mengorbankan sinar lampu jauh, gampang aja mematikan sinar lampu dekat (aho depan).

    Sudah nyoba buat Fino karbu. Cari soket lampu depan. Lepas saja 2 soket tembaga dari soket plastiknya (pake obeng tipis buat service arloji). Pasangkan lagi 1 soket tembaganya hingga arus listrik dari saklar lampu jauh hanya menuju lampu dekat. Jadi kalo mau menyalakan lampu depan (lampu dekat), pake saklar lampu jauh. Bingung ya? coba aja, gampang kok.

    Lebih gampang lagi buat N250fi atau Z250, tinggal lepas soket lampu dekat dan jauh. Pasang lagi soket lampu jauh ke lampu dekat. Beres dah. Karena pake halogen H7, gak perlu kuatir terbalik plus minusnya.

  2. klau matikan lampu AHO jupiter mx king 150 gunakan holder motor apa ya pak. sekaligus mohon langkah memasangdisertai gambar. trims sblumnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here